Timnas Indonesia

Stadion Brunei Tak Lolos Verifikasi AFF, Timnas Indonesia Dipastikan Tandang ke Stadion Malaysia!

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Kenyataan pahit harus diterima oleh skuad Brunei Darussalam jelang 2022. Salah satu pesaing di grup A itu tidak bisa menggunakan stadion Sultan Hasanah Bolkiah sebagai kandang dalam menjamu lawan-lawannya.

Diketahui, Piala AFF kali ini menggunakan format round robin. Format ini pernah diterapkan oleh AFF pada edisi 2018 lalu. Format ini memberikan keuntungan bagi setiap tim karena mereka akan memiliki kesempatan untuk bermain sebagai tuan rumah selama fase grup. Jadi, jika sebuah grup terdiri dari lima tim, maka setiap tim mendapatkan kesempatan untuk bermain sebagai tuan rumah sebanyak dua kali dan dua kali bermain sebagai tim tamu.

Di grup A Piala AFF 2022, pesaing Indonesia yakni Brunei Darussalam telah menunjuk Sultan Hasanah Bolkiah sebagai venue ketika menjamu lawan-lawannya. Salah satu pertandingan kandang Brunei adalah menjamu Timnas Indonesia. Sayang, stadion kebanggaan masyarakat Brunei itu tidak lolos verifikasi AFF sehingga mau tak mau mereka harus mencari kandang lainnya.

Baca Juga:  Abu Zema Jelang Duel Indonesia vs Yordania: Laga yang Sulit!

Berdasarkan beberapa rumor yang beredar, Brunei resmi menunjuk stadion di Malaysia sebagai markas mereka di Piala AFF 2022. Malaysia dipilih sebab berdasarkan letak geografis, Malaysia menjadi negara terdekat dengan Brunei Darussalam.

Kenyataan itu mau tak mau harus diterima oleh Brunei. Padahal, untuk tampil di Piala AFF 2022 ini, mereka harus melalui tahap play off melawan Timnas Timor Leste. Dan syukurnya, berkat kemenangan agregat 6-2, mereka lolos setelah 26 tahun lamanya absen dari turnamen ini.

Selain dijadwalkan menjamu Indonesia, Brunei juga akan menjamu Thailand. Untuk diketahui, kontestan di grup A Piala AFF 2022 terdiri dari Timnas Indonesia, Filipina, Kamboja, Thailand, dan Brunei Darussalam.

“Persatuan Sepak Bola Brunei Darussalam (FABD) telah memilih Stadion Kuala Lumpur sebagai kandang tim nasional Brunei di AFF Mitsubishi Electric Cup 2022,” bunyi pernyataan yang dilansir dari @theaseanfootball.

Baca Juga:  Menanti Kontrak Baru STY lewat Duel Indonesia vs Yordania

“Karena stadion negara lain tidak memenuhi standar,” lanjut pernyataan tersebut.

Adapun laga kandang Brunei direncanakan akan berlangsung pada tanggal 20 Desember menjamu Timnas Thailand dan pada tanggal 26 menjamu Timnas Indonesia. Timnas Indonesia sendiri dijadwalkan akan menjamu dua tim lainnya yakni Timnas Thailand dan Timnas Kamboja. Kata Exco PSSI Endri Erawan, Marc Klok dkk akan menjamu dua tim tersebut di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi. Adapun pemusatan latihan jelang Piala AFF tersebut akan dilakukan di Bali.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

21 Comments