Timnas Indonesia

PSSI Bakal Perpanjang Kontrak STY sampai Juni Tahun Depan



NOBARTV NEWS – Teka-teki kontrak Shin Tae-yong bersama akhirnya menemukan kejelasan. Kemarin, dalam sebuah wawancara terbarunya bersama presenter kondang Najwa Shihab, Erick Thohir memastikan kontrak sang pelatih akan diperpanjang hingga Juni tahun depan.

Sebagaimana diketahui, Shin Tae-yong datang dan membesut Timnas Indonesia sejak Januari tahun 2020. Kala itu, ia dikontrak untuk jangka waktu tiga tahun lebih beberapa bulan.

Berarti, kontrak tersebut akan berakhir pada tahun ini dan lebih beberapa bulan. Dilansir dari laman resmi Transfermarkt, kontrak pelatih asal Korea Selatan itu tertulis hingga 31 Desember 2023.

Bersama Timnas Indonesia pun, Shin Tae-yong tidak hanya menukangi satu kelompok umur saja. Diketahui, eks pelatih Timnas Korea Selatan itu membesut berbagai kelompok umur – dari usia muda seperti U-19 hingga tim senior. Bersama beberapa tim tersebut, Shin Tae-yong sudah mengikuti berbagai even penting. Seperti dua edisi untuk tim senior yakni pada tahun 2020 dan 2022. Lalu ada SEA Games 2021 bersama Timnas U-23. Tak hanya itu saja, Shin juga turut membersamai skuad Garuda muda di Piala AFF U-19 tahun lalu.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Sayangnya, di berbagai even tersebut, Shin belum bisa memberikan prestasi atau membawa skuad Garuda sebagai juara. Prestasi terbaiknya adalah keluar sebagai runner-up.

Walaupun demikian, Shin juga tak kalah pentingnya di balik keberhasilan dua kelompok umur Timnas Indonesia mentas di level Asia. Diketahui, pada tahun 2023 ini, Shin sukses membawa Timnas Indonesia U-20 dan Timnas senior ke putaran final Piala Asia U-20 untuk kelompok umur dan Piala Asia 2023 untuk tim senior.

Prestasi tersebut tentunya amat sulit untuk dicapai oleh pelatih-pelatih sebelumnya. Namun Shin, dengan tangan dinginnya mampu menggapai cita-cita tersebut.

Selain prestasi tersebut, STY juga berhasil mengubah kualitas punggawa Timnas Indonesia – baik itu dari sisi skill maupun mental. Meskipun demikian, Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI yang baru kala itu tak serta merta memberikannya perpanjangan kontrak – walaupun di PSSI era sebelumnya pernah ada wacana untuk memberikannya sodoran kontrak baru.

Shin dan Erick Thohir sebelumnya memang sudah pernah bertemu. Keduanya membahas terkait kontrak bersama Timnas Indonesia. Di situ juga dijelaskan kalau Shin diberikan target khusus oleh PSSI. Target tersebut disebut-sebut sebagai persyaratan PSSI untuk memberikan sang pelatih kontrak baru.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Target tersebut adalah sejauh mana penampilan skuad Timnas Indonesia di 2026 tahun ini dan juga penampilan mereka di Piala Asia 2023 nanti. Dan menariknya, baru-baru ini, Erick menyebut PSSI akan memberikan STY kesempatan menunjukkan dirinya layak mendapatkan perpanjangan kontrak. Rencananya, PSSI akan memperpanjang kontrak tersebut selama beberapa bulan dari kontrak awal. Sebab Piala Asia 2023 bakal digelar pada tahun depan, sementara kontrak Shin Tae-yong tertulis hingga akhir tahun ini, maka PSSI pun memperpanjang kontrak sang pelatih hanya beberapa bulan saja.

Rencananya, kontrak STY bakal diperpanjang hingga Juni 2024 atau enam bulan. Hal itu disampaikan Erick ketika melakukan wawancara dengan Najwa Shihab.

“Kontrak dengan Shin Tae-yong itu akan dibicarakan Juni-Juli ini, untuk extension (perpanjangan) kontrak sampai Juni tahun depan,” kata Erick Thohir.

“Kita juga ingin melihat hasil beliau ya kan, untuk mempersiapkan Kejuaraan Asia di Qatar. Coach Shin sudah bilang ia ingin lolos grup,” tambah pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

“Peluangnya memang 50-50, tapi ini tetap (target) top,” pungkasnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment