Intermezzo

Dapat Banyak Penolakan, Drawing Piala Dunia U-20 2023 Resmi Dibatalkan



NOBARTV NEWS – Drawing 2023 di Indonesia resmi dibatalkan. Hal itu diputuskan menyusul banyaknya penolakan dari berbagai elemen masyarakat Indonesia. Dari partai politik, pejabat, hingga organisasi kemasyarakatan.

Sebagaimana diketahui, drawing Piala Dunia U-20 2023 sejatinya akan dilangsungkan pada 31 Maret 2023. Babak drawing tersebut direncanakan akan dilakukan di Bali. Bali sendiri dipilih menjadi satu dari enam venue yang dipersiapkan PSSI untuk melaksanakan even tersebut. Di Bali, Stadion Kapten I Wayan Dipta menjadi satu dari enam stadion yang sudah disediakan Federasi Sepak Bola Indonesia itu.

Namun sayangnya, gelombang protes terkait pelaksanaan Piala Dunia U-20 itu masih terus berlanjut. Protes tersebut lebih pada salah satu kontestan yang akan mengikutinya yaitu Timnas Israel U-20.

Diketahui, Timnas Israel U-20 menjadi satu dari 24 kontestan Piala Dunia U-20 2023. Israel menjadi satu dari lima wakil Eropa untuk even sepak bola terbesar kedua di dunia tersebut.

Namun sayangnya, gelombang protes terhadap kedatangan mereka terus berlanjut. Sebelumnya, masa gabungan dari alumni 212 mengecam kedatangan mereka. MUI (Majelis Ulama Indonesia) juga meminta agar laga Israel dipertandingkan di negara tetangga. Tak selesai sampai di situ, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ikut-ikutan mengecam kedatangan mereka. Ganjar mengikuti ucapan Gubernur Bali sebelumnya Wayan Koster yang diketahui menolak kedatangan Israel di Bali.

Akibat banyaknya penolakan itu – dan dengan alasan Indonesia dianggap belum bisa memberikan jaminan keselamatan kepada seluruh kontestan, FIFA pada akhirnya memutuskan bahwa drawing Piala Dunia U-20 dibatalkan. Belum ada keterangan lebih lanjut terkait keputusan FIFA ini. Namun dari pemberitaan media beberapa jam usai dipastikannya babak drawing tersebut ditunda, terdapat beberapa negara lain yang mencoba untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah guna menggantikan Indonesia. Mereka adalah Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) dan Federasi Sepak Bola Qatar.

Dibatalkannya drawing Piala Dunia U-20 itu disampaikan oleh salah satu anggota Exco PSSI Arya Sinulingga kemarin.

“Kami dari PSSI sedang memikirkan penyelamatan sepakbola Indonesia. Karena sanksi FIFA bisa mengucilkan sepakbola Indonesia dari dunia,” kata Arya Sinulingga.

Lebih lanjut, Arya menyebut Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI akan menghubungi Presiden RI Joko Widodo untuk membahas langkah selanjutnya terkait banyaknya penolakan itu. Terutama untuk bisa menjamin kedatangan seluruh kontestan.

“Ketua umum juga akan melaporkan kepada Bapak Presiden pada kesempatan pertama untuk mencari solusi untuk semua ini baik secara diplomasi maupun politik luar negeri untuk bagaimana menyelamatkan sepakbola Indonesia yang kita cintai,” ujarnya menambahkan.

“Kami akan mencoba mencari solusi yang terbaik. Sepakbola Indonesia harus kita selamatkan bersama sama,” ujarnya memungkasi.

Andaikata Indonesia batal menjadi tuan rumah nanti, maka akan ada beberapa hukuman yang cukup berat bagi sepak bola Indonesia ke depannya. Seperti dibanned oleh FIFA hingga tidak akan mendapatkan kesempatan untuk mengajukan diri lagi sebagai tuan rumah untuk even olahraga apapun di kemudian harinya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment