Piala AFF

5 Fakta Piala AFF U-16 2022: Kapten Garuda Asia Terpilih sebagai Pemain Terbaik!

TOPIK BERITA :


5 Fakta Piala AFF U-16 2022: Kapten Garuda Asia Terpilih sebagai Pemain Terbaik!
Kapten U-16, Muhammad Iqbal Gwijangge mengangkat trofi U-16

NOBARTV NEWS – Piala AFF U-16 2022 telah usai. Tuan rumah – dalam hal ini Timnas Indonesia berhasil menjadi juara setelah bertempur hingga titik penghabisan dengan skuad Vietnam. Sebagai bentuk flashback, momen apa saja yang bisa dihimpun dari turnamen ini? Berikut fakta-faktanya!

1. Indonesia Juara di Rumah Sendiri

Sepanjang sejarah dihelatnya Piala AFF U-16, Indonesia telah menjadi tuan rumah sebanyak lima kali. Masing-masing pada tahun 2002, 2008, 2010, 2018, dan 2022.

Dua di antaranya Indonesia berhasil menjadi juara. Pada tahun 2018, Garuda Asia sukses menjadi juara usai mempermalukan Timnas Thailand di partai final. Kini, di kandang sendiri, di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Garuda Asia menorehkan hal yang sama.

2. Dilaksanakan di Dua Kota Satu Provinsi

Seluruh laga, dari fase grup hingga babak final Piala AFF U-16 diselenggarakan di dua venue. Menariknya, kedua stadion tersebut berbeda lokasi. Stadion Maguwoharjo berada di Sleman dan Stadion Sultan Agung berlokasi di Bantul. Meski berbeda lokasi, kedua stadion tersebut berada di provinsi yang sama yakni DIY Yogyakarta.

3. Pemain Thailand, Tontawan Puntamunee Keluar sebagai Top Skorer

Meski timnya tidak mampu mencapai babak final, pemain Thailand Tontawan Puntamunee pantas berbahagia karena dirinya menjadi top skorer dalam ajang ini. Ia berhasil mengoleksi 5 gol dan membawa timnya finis di peringkat ketiga setelah mempecundangi Myanmar 3 – 0.

Selain itu, Tontawan Puntamunee juga menegaskan dirinya lebih baik dari 6 pencetak gol di bawahnya. Mereka adalah Nabil Asyura, Sayfon Keohanam, Thanousack Nanthavongdouansy, Tontawan Puntamunee, Alexandro Lemos, dan Phan Thanh Đức Thiện. Keenam pemain tersebut masing-masing mencetak 4 gol untuk timnya.

4. Kapten Timnas Indonesia U-16, Muhammad Iqbal Gwijangge Terpilih sebagai Pemain Terbaik

Palang pintu kelahiran Sumedang, Jawa Barat ini sempat mencuri perhatian karena Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan ingin menjadikannya sebagai anak angkat. Kini, pemain yang memiliki darah Papua itu menjadi pemain terbaik sepanjang turnamen. Iqbal tidak tergantikan di lini bertahan Timnas Indonesia.

Berkat dirinya, gawang Indonesia hanya dibobol sebanyak 2 kali sepanjang laga. Satu gol diterima Garuda Asia ketika melawan Vietnam di babak grup dan satu gol lainnya ketika melawan Myanmar di semi-final beberapa waktu lalu.

5. 91 Gol Tercipta dari Total 22 Laga 

Babak grup hingga final Piala AFF U-16 2022 memainkan 22 pertandingan. Dari 22 laga tersebut, 91 gol tercipta sepanjang turnamen ini dihelat. Berarti, jumlah gol rata-rata per pertandingan adalah 4,14 gol. Jumlah yang sangat besar untuk ukuran event sekelas pemain muda.

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid