Intermezzo

Sebut Ramadan sebagai Momen Spesial, Thomas Doll Ubah Waktu Latihan Skuad Persija



NOBARTV NEWS – Pelatih Persija Jakarta Thomas Doll mengubah jadwal latihan skuad Macan Kemayoran selama bulan Ramadan ini. Tidak sekadar mengubah saja, pelatih berkebangsaan Jerman ini juga menyebut Ramadan sebagai momen yang spesial.

Seperti yang diketahui, kompetisi tertinggi di Indonesia yaitu Liga 1 masih akan tetap berjalan di tengah-tengah bulan Ramadan tahun ini. Bukan kali ini saja, namun sejak tahun-tahun lalu, Liga 1 memang tetap berjalan setiap kali datangnya bulan suci ini.

Bagi beberapa pelatih asing, melatih sebuah klub di Indonesia dalam suasana Ramadan barangkali baru pertama kali ia rasakan. Terlebih ia akan melatih sebuah skuad yang mayoritas diisi oleh pemain muslim yang wajib untuk melakukan ibadah berupa puasa itu.

Hal itu yang kini tengah dirasakan oleh pelatih Persija Thomas Doll. Sebagai bentuk penghormatannya, Thomas Doll pun mengubah jadwal latihan Andritany Ardhiyasa dkk. Dari jadwal latihan yang biasanya dilakukan pada pagi dan sore hari, kini eks pelatih Borussia Dortmund itu mengubahnya menjadi malam.

Jadi, setelah para punggawa muslim Persija berbuka puasa, barulah dimulai sesi latihan tersebut. Terlebih di bulan Ramadan ini Persija harus memainkan laga tandang ke markas Persita, maka dibutuhkan fisik yang kuat serta persiapan yang matang. Maka daripada itu, Thomas Doll harus tetap memimpin anak asuhnya dalam sesi latihan meski tak seperti biasanya.

Kata Doll, bulan Ramadan adalah sebuah momentum spesial. Meksipun non-muslim, namun Doll kagum dengan ritual ibadah umat muslim di seluruh dunia – termasuk di Indonesia.

“Kami harus mengubah program karena di sini cuacanya sangat panas. Saya tahu mereka tidak bisa makan dan juga minum. Jadi, untuk sekarang rencananya mereka bisa makan untuk membatalkan puasa lalu kami akan melakukan latihan pada pukul 19.30 WIB,” kata Thomas Doll.

“Memasuki bulan puasa adalah momen yang spesial. Bukan hanya untuk para pemain namun untuk semua orang yang merayakannya,” ucapnya menambahkan.

“Saya sudah bicara dengan banyak orang dan mereka sangat senang dengan datangnya bulan Ramadan,” pungkas Doll.

Di kesempatan yang sama, bek Persija Birrul Walidain mengaku siap untuk melakoni laga terdekatnya bersama tim berjuluk Macan Kemayoran itu. Pada 28 Maret, Persija akan melawan Persita Tangerang. Lalu melawan Persib Bandung di tanggal 31 Maret, Persebaya Surabaya pada 5 April, serta Dewa United di tanggal 10 April dan terakhir bertemu dengan PSS Sleman. Seluruh laga tersebut akan dilangsungkan di bulan Ramadan.

“InsyaAllah kami siap. Kami tinggal ikuti arahan para pelatih dan sisanya kami akan memberikan yang terbaik selama di sisa laga yang ada,” kata Birrul Walidain.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid