Piala Dunia 2022

Profil Jude Bellingham, Wonderkid Inggris Yang Siap Tampil di Piala Dunia 2022



NOBARTV NEWS – Gelandang muda Borussia Dortmund Jude Bellingham berpeluang menjalani debutnya bersama skuad senior timnas Inggris di helatan November mendatang. Pelatih Gareth Southgate dipastikan telah memasukkan namanya ke daftar pemain the Three Lions dalam skuad terbaru timnas.

Untuk di ketahui, Piala Dunia 2022 akan menjadi ajang perdana dalam gelaran piala dunia bagi wonderkid Inggris Jude Bellingham, tampil cukup bersinar bersama Dortmund di musim 2021/2022 sang pemain siap unjuk aksi di November mendatang.

Profil Jude Bellingham

Profil Jude Bellingham, Wonderkid Inggris Yang Siap Tampil di Piala Dunia 2022
Jude Bellingham

Jude Victor William Bellingham adalah pemain sepak bola profesional Inggris yang lahir 29 Juni 2003. Dia bermain sebagai gelandang untuk klub Bundesliga Borussia Dortmund dan tim nasional Inggris. Dia memulai karir dengan bergabung Stourbridge dan lulus dari akademi Birmingham City.

Bellingham memulai karir bersama Birmingham City yang dimulai pada Juli 2019. Dia adalah bagian dari kamp pelatihan tim utama di Portugal, bermain dan mencetak gol dalam pertandingan persahabatan pra-musim. Pada tanggal 6 Agustus, ketika ia memulai kunjungan putaran pertama Piala EFL ke Portsmouth, Bellingham menjadi pemain tim utama termuda di Birmingham City yakni di  usia 16 tahun, 38 hari.

Bellingham kemudian berlabuh ke raksasa Jerman, Dortmund  dan melakukan debutnya pada 14 September 2020, memulai pertandingan pertama Dortmund musim 2020–21 melawan divisi ketiga MSV Duisburg di DFB-Pokal, dalam usia 17 tahun, 77 hari.

Dalam tiga bulan pertama musim ini, Bellingham menjadi pemain reguler di semua kompetisi, dengan enam kali menjadi starter dan tujuh kali tampil sebagai pemain pengganti. Bahkan Bellingham menjadi starter untuk Dortmund dalam kemenangan 4-1 mereka atas RB Leipzig di Final DFB-Pokal 2021.

Dia menyelesaikan musim dengan 29 penampilan dan satu gol di Bundesliga, 46 penampilan dan empat gol di semua kompetisi, dan terpilih sebagai Pendatang Baru Musim Ini oleh rekan-rekan pemainnya.

Jude Bellingham Masuk Skuad Timnas Inggris

Dikutip dari Sky Sport, Selasa (10/11), Bellingham masuk ke skuat Inggris setelah Trent Alexander-Arnold dan James Ward-Prowse absen karena cedera. Gelandang berusia 17 tahun ini awalnya termasuk dalam skuat timnas Inggris U-21, tetapi sekarang akan bergabung dengan tim senior menjelang pertandingan melawan Republik Irlandia, Belgia, serta Islandia.

Bellingham tampil mengesankan sejak pindah musim panas dari Birmingham City ke Dortmund. Ia memainkan 10 pertandingan, dan mencetak satu gol. Ini merupakan peningkatan luar biasa untuk Bellingham, yang baru menyelesaikan musim penuh pertamanya di sepak bola senior musim lalu.

Bellingham berperan sebagai gelandang box-to-box enerjik. Ia pun memiliki teknis olah bola yang ciamik. Dalam aspek bertahan, pemain jebolan akademi Birmingham itu tampil disiplin saat menutup lawan. Selain Mason Greenwood, Rashford, dan Jadon Sancho, Bellingham masuk dalam kandidat talenta muda terbaik bagi sepak bola Negeri Ratu Elizabeth.

Jadi Incaran Banyak Klub Top Eropa

Tampil apik di usia beliannya Jude Bellingham kini diburu oleh beberapa klub top Eropa, tercatat ada nama raksasa Spanyol, Real Madrid kemudian beberapa klub Inggris mulai dari Manchester United (MU), Chelsea, hingga Liverpool, jelang musim panas mendatang.

Namun sang pemain nampaknya belum begitu tertarik dengan tawaran yang diberikan kepadanya, ia mengaku masih ingin berseragam Dortmund hingga musim depan.

“Satu-satunya masa depan yang saya pikirkan adalah pertandingan berikutnya untuk Dortmund,” ujar Bellingham kepada Ruhr Nachrichten BVB, kala ditanya soal masa depannya di Borussia Dortmund, seperti dilansir dair Metro.

“Saya menantikan musim depan. Saya menantikan hal itu dimulai lagi. Namun ya, saya akan berada di sini (Borussia Dortmund) musim depan,” kata gelandang internasional Inggris itu.

“Nasib saya ada di tangan saya sendiri dan saya tahu bahwa jika saya mempercayai orang-orang di sekitar saya, saya bisa maju,” tuturnya menambahkan.

Peter Nawa Nawa

Penggila sepakbola yang tidak bisa bermain bola, tapi cukup lihay dalam menulis berita bola