Timnas Indonesia

STY Serang Balik Thomas Doll, Ungkit Piala Dunia & Bawa Nama Presiden Jokowi



NOBARTV NEWS – Pelatih Shin Tae-yong membalas sindiran Thomas Doll yang sebelumnya menyindirnya tak paham karena melakukan TC di tengah kompetisi. STY membalasnya dengan mengungkit kapasitasnya sebagai eks pelatih di Piala Dunia dan juga membawa nama Presiden Joko Widodo.

Sebagaimana diketahui, pelatih Persija Jakarta Thomas Doll sempat mengkritik kebijakan pemusatan latihan jangka panjang Timnas Indonesia. Kata Doll, TC jangka panjang itu tak efektif.

Doll juga merasa sangat dirugikan dengan TC tersebut. Pasalnya, dari 30 pemain Garuda muda yang diminta untuk mengikuti TC, sembilan di antaranya merupakan pemain muda Persija Jakarta. Hal itu membuat Doll gusar. Sebab sebagian dari pemain yang dipanggil itu merupakan skuad inti Persija musim ini. Mereka (Persija Jakarta) juga sedang dalam performa terbaiknya karena masih bersaing di papan atas Liga 1.

Tanpa para pemain mudanya itu, jelas Persija akan pincang selama beberapa hari ke depan. Atau bahkan, jika beberapa pemainnya terpilih sebagai pemain inti di Piala Asia U-20 nanti, maka sudah dipastikan mereka tak akan kembali ke Persija hingga akhir musim 2022-2023.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Banyaknya kritikan dari pelatih asal Jerman itu membuat Shin Tae-yong angkat bicara. Dari kalimat yang diucapkannya, tersirat bahwa STY merasa tak terima dengan kritikan yang dilontarkan Doll itu.

“Kalau saya tidak tahu tentang bola bagaimana bisa jadi pelatih Piala Dunia dan bagaimana bisa jadi pelatih Timnas Indonesia juga?” kata Shin Tae-yong.

Sebelumnya, STY memang tercatat sebagai pelatih di Piala Dunia 2018. Saat itu, ia menukangi Timnas Korea Selatan. Lucunya, di Piala Dunia 2018 tersebut, mereka berhasil mengalahkan Timnas Jerman di fase grup – yang di mana Jerman adalah negara asal Thomas Doll.

“Jadi, jika pelatih Persija Jakarta bicara seperti itu dengan mencari keuntungan sendiri, ya, sebenernya tidak baik,” ujar Doll menambahkan.

Shin Tae-yong juga membawa nama Presiden RI Joko Widodo hingga Menpora RI Zainudin Amali.

“Memang benar kata pelatih Persija kalau tingkat atau level liga sangat tinggi, tetapi ya tidak seperti itu saat ini karena ada kekurangan juga dan juga ini permintaan dari pak Presiden, Jokowi, dan pak Menpora (Zainudin Amali) juga.”

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

“Dan masyarakat Indonesia pun memberi dukungan penuh apalagi di bulan Mei ada ,” ujarnya memungkasi.

Untuk diketahui, dari sembilan pemain Persija yang sudah dipanggil, baru empat pemain yang memenuhi panggilan. Mereka adalah Frengky Missa, Barnabas Sobor, Achmad Maulana Syarif, dan Resa Aditya Nugraha. Adapun lima pemain lainnya yakni Alfriyanto Nico Saputro, Cahya Supriadi, Doni Tri Pamungkas, Ginanjar Wahyu Ramadhani, dan Muhammad Ferarri masih berada di Persija Jakarta.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

15 Comments