Timnas Indonesia

Erick Thohir soal Hasil Drawing Piala Asia 2023: Semua Bisa Terjadi dalam 90 Menit!

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS memastikan diri berada di grup D Piala Asia 2023. Di grup tersebut, skuad Garuda akan bersaing dengan tim asal Asia Tenggara lainnya yakni Timnas Vietnam. Selain itu, adapula Timnas Irak dan raksasa Asia Jepang.

Sebagaimana diketahui, pada kemarin 11 Mei kemarin, Ketua Umum PSSI Erick Thohir beserta pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong turut menghadiri acara drawing Piala Asia 2023 yang dilangsungkan di Qatar. Para pimpinan federasi dan pelatih dari 24 kontestan Piala Asia 2023 hadir dalam acara tersebut. Salah dua tokoh penting dalam sepak bola Asia yakni Presiden AFC Salman bin Ibrahim Al Khalifa beserta Presiden FIFA Gianni Infantino juga berada di sana. Kehadiran para legenda sepak bola Asia juga menjadi warna tersendiri di acara ini.

Timnas Indonesia sendiri tergabung di pot 4 dalam babak drawing kemarin. Indonesia harus mengakui jikalau peringkat mereka merupakan yang paling terbawah di antara 24 kontestan lainnya. Oleh sebab itu, mereka harus ikhlas memulai perjuangan awal mereka di Piala Asia 2023 ini dengan menduduki pot yang tidak diperhitungkan.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Ketika pengocokan tiba, Timnas Indonesia dan lima tim lainnya yang tergabung di pot 4 dipencarkan ke berbagai grup. Timnas Indonesia kebagian masuk di grup D. Begitu pengocokan pot 3, tim asal timur tengah yakni Timnas Irak juga masuk ke grup yang sama dengan Timnas Indonesia. Menariknya, tim asal Asia Tenggara lainnya yaitu Timnas Vietnam (pot 2) pun kembali berjumpa dengan Timnas Indonesia di grup tersebut. Adapun dari pot 1 yang diisi oleh para raksasa Asia, Timnas Jepang turut serta membersamai tiga tim tersebut di grup D.

Pasca drawing Piala Asia 2023 tersebut selesai dilakukan, Ketua Umum PSSI Erick Thohir memberikan keterangannya via laman resmi PSSI. Erick yang juga pernah menjabat sebagai Presiden Inter Milan itu mengatakan kalau lawan-lawan skuad Garuda memiliki kualitas yang baik. Bagi Erick, ketiga tim tersebut sama tangguhnya. Akan tetapi, kata Erick lagi, semua hal bisa terjadi dalam 90 menit pertandingan. Jadi, Erick mengisyarakatkan kesiapannya meskipun tantangan ini cukup berat.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

“Kita sudah tahu kualitas Jepang levelnya sudah elite dunia, juga dengan Irak dan Vietnam. Seluruhnya adalah tim yang tangguh. Tapi semua bisa terjadi dalam 90 menit dan semua dimulai dengan skor 0-0. Kita siap, meski tantangannya tidak mudah,” kata Erick Thohir di Doha Qatar.

“Timnas kita terus menunjukkan perkembangan yang positif. Meski kita tahu Piala Asia ini dihuni negara yang levelnya sudah dunia. Ini jelas menjadi tantangan sekaligus peluang kita untuk semakin meningkatkan level permainan timnas,” tambahnya.

Erick lantas mengomentari salah satu peserta grup D yaitu Timnas Vietnam. Erick menyanjung Timnas Vietnam sebagai negara yang memiliki performa sangat baik di Asia.

“Vietnam seperti kita tahu adalah rival kita di ASEAN yang performanya di Asia sangat baik. Semua lawan yang tangguh tapi tim kita pun punya kualitas untuk membuat kejutan.”

“Ini adalah keikutsertaan kita kelima kali di piala asia dan kita sudah sejak 2007 absen dan baru bisa kembali lagi ke piala asia. kesempatan ini mesti kita manfaatkan dengan berjuang hingga pluit akhir,” katanya manutupi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid