Timnas Indonesia

Sidak Venue Piala Dunia U-20, Begini Catatan Erick Thohir untuk Stadion Jakabaring Palembang



NOBARTV NEWS – Sejak kemarin, Erick Thohir turun langsung ke lapangan untuk mengecek kesiapan infrastruktur stadion yang akan digunakan untuk 2023. Erick memiliki catatan untuk salah satu stadion yakni Jakabaring Palembang.

Sebagaimana diketahui, FIFA akan kembali melakukan cek ulang kepada enam stadion yang sudah disediakan PSSI untuk Piala Dunia U-20 2023. Dikatakan, FIFA akan melakukan cek ulang tersebut pada 21 Maret mendatang. Setelah melakukan cek ulang itu, barulah FIFA akan memutuskan apakah seluruh stadion tersebut layak atau tidak untuk menyelenggarakan even itu.

Jika ada satu saja stadion yang dianggap tak lolos verifikasi, FIFA tanpa ragu akan mencoretnya. Bahkan tak hanya stadion saja, FIFA juga akan mengecek lokasi latihan yang terdiri dari beberapa lapangan untuk setiap lokasi. Jadi, ada 20-an tempat latihan yang bakal dievaluasi oleh FIFA. Dengan demikian, bukan sekadar stadion saja yang akan dicek tapi fasilitas berupa tempat latihan juga.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Untuk menghindari pencoretan itu, Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI ditemani oleh Wakilnya sudah lebih dulu mengecek ulang venue tersebut. Kemarin, Erick melakukan kunjungan ke Stadion Jakabaring Palembang dan Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung.

Beberapa titik dicek oleh pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu. Pengecekan tersebut juga ditemani oleh perwakilan dari Kementerian PUPR.

Lokasi yang dicek oleh Erick Thohir adalah Field Of Play yang meliputi rumput, sistem penyiraman rumput, sistem drainase, arena tempat duduk, VIP Area, media broadcast, akses keluar dan masuk, Command Center, area medis, dan lain sebagainya.

Erick juga memastikan daya pasok listrik yang harus maksimal di stadion tersebut. Dalam hal ini, itu merupakan tanggung jawab dari PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu (UID S2JB).

Dalam keterangannya usai melakukan pengecekan tersebut, terdapat catatan penting yang disampaikan oleh Erick Thohir. Seperti perbaikan pada ruang VIP, control room, dan bangku pada penonton.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

“Ini titik peninjauan kami yang pertama, untuk memastikan kesiapan infrastruktur jelang Piala Dunia U-20, untuk Palembang. Selain itu ada tiga stadion yang disiapkan untuk latihan,” ujar Erick Thohir dalam keterangannya.

“Secara keseluruhan kondisinya baik, namun memang ada beberapa catatan yang harus diperhatikan seperti perbaikan ruang VIP, kontrol room, dan bangku-bangku penonton,” tambahnya.

“Kami ingin memastikan sebelum kedatangan FIFA di tanggal 21-27 Maret mendatang, bahwa jangan sampai ada kekurangan yang akan mengurangi jumlah stadion yang diharapkan.”

“Apalagi kunjungan FIFA sifatnya final. Alhamdulillah Gubernur Sumsel, Kementerian PUPR, mendukung ini semua,” ujarnya menutupi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

6 Comments