Timnas Indonesia

Mantan Manajer Timnas Indonesia Nilai JIS Sudah Berstandar FIFA



NOBARTV NEWS – Polemik terkait Jakarta Internasional Stadium masih terus berlanjut sampai saat ini. Terbaru, mantan manajer Habil Marati menyebut JIS sudah memenuhi standar FIFA.

Seperti yang diketahui, JIS menjadi topik panas yang terus-menerus diperbincangkan sampai saat ini. Pasalnya, stadion yang akan dijadikan venue untuk ajang itu memiliki dua versi dari segi standarisasinya. Ada yang menyebut JIS sudah berstandar FIFA – dan begitupun dengan sebaliknya.

Awalnya, JIS diklaim sebagai stadion berstandar FIFA oleh JakPro. JakPro selaku pembangun dan pengelola JIS menyebut stadion tersebut sudah bertaraf internasional. Bahkan, kata JIS, pihaknya membangunnya dengan penuh pertimbangan. Oleh akibatnya, ia yakin stadion tersebut lolos verifikasi FIFA.

Tapi sayangnya, di satu sisi lainnya yakni PSSI, Kemenpora, hingga Kementrian PUPR menyebut JIS sangat tidak layak dijadikan venue Piala Dunia U-17. Satu-satunya cara agar stadion tersebut memenuhi syarat adalah dengan melakukan renovasi besar-besaran. Salah dua yang disebut Kementerian PUPR wajib untuk diubah adalah rumput dan jalan keluar masuk bus pemain dan ofisial.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, seluruh rumput stadion JIS wajib untuk diganti. Selain itu, Gate Zona Barat atau jalan keluar masuk bus harus dibongkar.

Walaupun demikian, permintaan untuk renovasi besar-besaran ini disebut memiliki motif politis. Akan tetapi, PSSI melalui Erick Thohir dengan jelas membantah. Ia dengan yakin kalau JIS memang butuh renovasi – serta tak ada kaitannya dengan sikap politisnya – yang disebut-sebut sedang menurunkan elektabilitas Anies Baswedan. Diketahui, Anies merupakan eks Gubernur DKI Jakarta yang di masa kepemimpinannya berhasil membangun JIS. Saat ini, Anies menjadi salah satu calon Presiden RI yang akan bersaing pada Pemilu tahun 2024 mendatang.

Bahkan Ketua Umum PSSI Erick Thohir menjamin jikalau FIFA datang hari ini, niscaya stadion tersebut akan langsung dicoret dari daftar stadion yang layak digunakan.

Namun menariknya, pengurus PSSI lama seperti mantan Ketua Umum Mochamad Iriawan mengkalim kalau JIS sudah bertaraf internasional. Tidak hanya Iriawan saja, namun mantan manajer Timnas Indonesia Habil Marati menyebut hal yang sama. Hal tersebut dikatakan Habil ketika dirinya dan beberapa legenda Timnas Indonesia seperti Dede Iskandar, Robby Darwis, Nuralim, Yusuf Bachtiar, hingga Muhammad Zein Alhadad mendatangi JIS.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

“Para pemain ini mempunyai hak untuk memberikan penilaian tentang JIS apakah sesuai dengan FIFA atau tidak karena mereka punya pengalaman bertanding di beberapa stadion besar,” kata Habil Marati.

“Jadi berhentilah orang-orang yang tidak berkecimbung di sepak bola dan mengomentari rumput di JIS. JIS ini sudah memenuhi kriteria FIFA karena FIFA sendiri memiliki kriteria yang bernama Sport And Play Construction Association (SAPCA),” katanya menambahkan.

“Jadi sudah jelas untuk membangun JIS ini ya berdasarkan SAPCA. Jadi saya minta agar pernyataan soal JIS ini harus dihentikan,” ucap Habil memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment