Timnas Indonesia

Nama Shin Tae-yong Jadi Perdebatan Netizen Korea Selatan, Gara-gara Apa?



kNOBARTV NEWS – Nama pelatih Shin Tae-yong tiba-tiba jadi pembicaraan di Korea Selatan. Kenapa hal itu bisa terjadi?

Seperti yang diketahui, Timnas Korea Selatan baru saja mengakhiri kiprahnya di ajang Piala Asia 2023. Dalam even sepakbola akbar di benua Asia itu, Korea Selatan hanya mampu melangkah hingga babak semifinal. Di partai tersebut, langkah mereka dihentikan oleh Timnas Yordania. Secara mengejutkan, anak asuh Jurgen Klinsmann itu takluk dari tim asal timur tengah dengan skor akhir 2-0.

Sama halnya dengan Korea Selatan, skuad Garuda Indonesia yang dipimpin oleh Shin Tae-yong juga turut tampil di ajang tersebut. Hanya saja, Marc Anthony Klok dkk sudah gugur sejak babak 16 besar. Meskipun saat itu mereka membuat kejutan dengan lolos untuk pertama kalinya ke fase knock-out itu – namun sayangnya mereka harus gugur langsung di babak itu. Ya, di babak 16 besar Piala Asia 2023, mereka babak belur dihajar Timnas Australia dengan skor akhir 4-0.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Walaupun nasib Korea Selatan dan Indonesia berbeda pada even itu, namun ternyata ada kaitan di antara kedua tim tersebut. Kaitan tersebut tertuju pada pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan Shin Tae-yong. Ya, Setelah Timnas Korea Selatan gugur di babak semifinal, nama pelatih Indonesia tersebut tiba-tiba mencuat dan menjadi bahan pembicaraan.

Kenapa hal itu bisa terjadi?

Jadi, setelah Korea Selatan gugur di babak semifinal, sorotan tajam dari netizen negeri ginseng tertuju pada pelatihnya yakni Jurgen Klinsmann. Sang pelatih disorot lantaran dianggap gagal menukangi Taeguk Warriors – bahkan harus menelan malu karena dikalahkan oleh tim sekelas Yordania. Sebelumnya, tak ada yang pernah menduga kalau Korea akan dikalahkan oleh tim asal timur tengah itu.

Nama Shin Tae-yong Jadi Perdebatan Netizen Korea Selatan, Gara-gara Apa?
Potret pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong di pinggir lapangan (sumber gambar: Instagram @timnas.indonesia)

Hingga akhirnya, bersamaan dengan kritikan tajam yang diterima Klinsmann, di saat yang sama nama Shin Tae-yong jadi perbincangan di sebuah forum bernama MLB Park Donga. Seorang warganet Korea Selatan membuat pembahasan dengan judul “Sepertinya Ada Harapan untuk Pengangkatan Kembali Shin Tae-yong sebagai pelatih Korea Selatan” di forum tersebut.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Tak ayal, diskusi terkait kemungkinan Shin Tae-yong untuk melatih Timnas Korea Selatan itu jadi pro dan kontra. Di satu sisi ada yang mendukung dan adapula yang menolaknya.

“Shin Tae-yong adalah pelatih yang mendapatkan penilaian baik dalam mengorganisir tim. Namun, selama menjadi pelatih Korea Selatan, ia mengalami kesulitan dengan dua kekalahan di babak penyisihan Piala Dunia 2018,” tulis seorang netizen.

“Sebenarnya, setelah musim semi berlalu, kita tahu bahwa musim semi itu indah, bukan? Apa pun yang terjadi, jika Shin Tae-yong memiliki kesemaptan untuk melatih lagi, tidak ada yang buruk,” ungkap netizen lainnya.

“Kemampuannya baik, tetapi apakah para pemain bersedia menerimanya…,” balas netizen yang kurang setuju.

“Setelah Piala Dunia 2018, para pemain mengatakan bahwa mereka tidak suka memiliki pelatih dalam negeri yang tidak mengikuti tren. Mengapa mereka memanggil Shin Tae-yong lagi?” tulis netizen lainnya lagi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *