Timnas Indonesia

Belajar dari Pengalaman, Sumardji Minta Timnas U-23 Tak Terbawa Emosi di Laga Vs Thailand



NOBARTV NEWS – Manajer Sumardji tak ingin kejadian rusuh ketika bertemu dengan Timnas Thailand U-22 terulang lagi.

Sebagaimana diketahui, pada malam hari ini, skuad Garuda Indonesia akan berjumpa dengan Timnas Thailand U-23 di semifinal U-23 2023. Rencananya, laga tersebut bakal digelar pada pukul 21.00 WIB di Rayong Province Stadium Thailand.

Skuad Timnas Indonesia sendiri berhasil lolos ke babak semifinal tersebut berkat satu kemenangan dan satu kali menelan kekalahan. Kemenangan atas Timnas Timor Leste U-23 (1-0) dan hasil minor (1-2) ketika jumpa Timnas Malaysia U-23 mengantarkan skuad Garuda sebagai runner-up terbaik dari tiga grup A sampai C.

Sementara bagi tuan rumah Timnas Thailand U-23, mereka dinyatakan lolos ke babak semifinal dengan berstatus sebagai juara grup A. Dari tiga laga yang dilakoni skuad muda Thailand U-23, mereka selalu meraih kemenangan. Oleh karenanya, sembilan poin tersebut mengantarkan mereka ke babak semifinal dan berjumpa dengan Timnas Indonesia U-23.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Adapun laga semifinal lainnya akan mempertemukan Timnas Malaysia U-23 dan Timnas Vietnam U-23. Malaysia merupakan juara grup B dan Vietnam U-23 juara grup C.

Menariknya, pertemuan Indonesia dan Thailand sudah pernah terjadi beberapa waktu lalu. Saat itu, kedua tim bertemu di laga final SEA Games 2023. Laga kedua tim saat itu berlangsung ketat dan keras. Sampai-sampai, terjadi beberapa insiden kerusuhan di pinggir lapangan. Kedua tim bermain dengan penuh emosi.

Akibatnya, wasit di laga saat itu mengeluarkan banyak sekali kartu merah. Selain itu, AFC selaku Asosiasi Sepakbola tertinggi di Asia memberikan sanksi kepada beberapa pemain dan staf Timnas Indonesia serta Thailand. Laga final itu sendiri berakhir kemenangan 5-2 bagi Timnas Indonesia.

Maka daripada itu, pertemuan Indonesia dan Thailand pada malam hari ini diyakini akan berjalan keras. Namun demikian, Sumardji selaku Manajer Timnas Indonesia U-23 sudah berpesan kepada punggawa skuad Garuda untuk tidak mudah terbawa emosi. Sumardji tak ingin kejadian seperti SEA Games 2023 kemarin terulang lagi.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

“Tidak boleh terulang lagi momen final kemarin sampai terbawa emosi. Kalau lawan Thailand, memang harus lebih sabar,” kata Sumardji.

“Jangan disamakan karakter melawan Malaysia. Jadi kami harus tetap fokus,” tambah pria yang juga menjabat sebagai Ketua BTN (Badan Tim Nasional) itu.

“Level Thailand ini sangat bagus dan dibuktikan sulit untuk dikalahkan.”

Selain meminta Ramadhan Sananta dkk untuk bisa lebih menahan emosi, Sumardji juga berharap agar punggawa Timnas U-23 untuk lebih sabar, fokus, dan tenang.

“Kami mengupayakan dan memberikan penekanan kepada anak-anak harus sabar, fokus, tenang. Itu sangat penting karena lawan yang akan kami hadapi ini bagus,” ucapnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment