Timnas Indonesia

Baru Berstatus WNI, Ivar Jenner dan Rafael Struick Langsung Gabung TC Timnas Indonesia



NOBARTV NEWS – Dua pemain keturunan Ivar Jenner dan Rafael Struick baru resmi berstatus sebagai WNI beberapa hari lalu. Walaupun demikian, Shin Tae-yong memanggil dua pemain muda tersebut untuk pemusatan latihan jelang FIFA Matchday bulan depan.

Seperti yang diketahui, dua pemain muda asal Belanda Ivar Jenner dan Rafael Struick akhirnya resmi merampungkan proses naturalisasinya. Proses naturalisasi tersebut sudah mulai dijalankan sejak era Mochamad Iriawan masih memimpin PSSI. Dan prosesnya berakhir ketika PSSI sudah diambil alih oleh Erick Thohir.

Sejatinya, Rafael Struick dan Ivar Jenner diproses untuk menjadi WNI karena kala itu akan tampil sebagai tuan rumah untuk ajang 2023. Namun sayangnya, FIFA atau Federasi Sepakbola Dunia mencabut hak tersebut dan pada akhirnya skuad Garuda muda yang dipersiapkan tampil dinyatakan batal bertanding. Alhasil, proses naturalisasi tersebut membuat publik bertanya, apakah para pemain yang tengah diproses menjadi WNI akan tetap melanjutkan pengalihan kewarganegaraannya?

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Dan pada akhirnya, dari tiga pemain yang awalnya diproyeksikan untuk menjadi pemain naturalisasi, dua di antaranya setuju melanjutkan prosesnya. Dua nama tersebut adalah yang kemarin resmi menjadi WNI. Sedangkan satu pemain lainnya yaitu Justin Hubner dipastikan batal untuk diproses.

Pembatalan proses Justin Hubner disebut-sebut karena pihaknya meminta sebuah persyaratan kepada PSSI. Persyaratan tersebut diminta mereka agar Justin tetap melanjutkan pengalihan kewarganegaraannya. Sayangnya, PSSI tidak bisa memenuhi keinginan mereka dan pada akhirnya Justin pun batal menjadi WNI.

Namun menariknya, dua pemain yang beberapa hari lalu resmi menjadi WNI itu langsung mendapatkan panggilan dari pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. Mereka diminta untuk mengikuti TC jelang laga FIFA Matchday melawan Timnas Palestina dan Argentina di bulan Juni mendatang. Terpanggilnya nama mereka jelas sebagai sebuah anugrah dan kesempatan besar. Sebab di usia yang masih amat muda, mereka sudah dipercaya untuk memperkuat Timnas senior.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Media sosial ADO Den Haag (klub Rafael Struick) dan FC Utrecht U-21 (klub Ivar Jenner) turut memberitakan kabar dipanggilnya pemain mereka ke skuad Timnas Indonesia.

Sementara itu, Ivar Jenner mengaku sudah tak sabar untuk mengikuti TC (pemusatan latihan) termasuk untuk melakoni laga uji coba kontra Palestina dan Argentina.

“Saya cukup kecewa Piala Dunia U-20 2023 batal di Indonesia. Tapi, saya mendapatkan panggilan dari Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia. Fokus saya buat timnas senior dan saya ingin bermain secepatnya pada FIFA Matchday,” ujar sang pemain.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

3 Comments