Timnas Indonesia

Garuda Muda Permak Fiji U-20 4-0 di Turnamen Mini PSSI



NOBARTV NEWS U-20 berhasil meraih kemenangan di laga perdananya dalam Turnamen Mini malam ini. Pertandingan yang diwarnai tiga kartu merah itu berakhir untuk kemenangan skuad Garuda muda 4-0 atas Timnas Fiji U-20.

Sebagaimana diketahui, per hari ini Jumat 17 Pebruari 2022, PSSI dan Kemenpora RI resmi membuka even mini sebelum Piala Asia U-20 2023. Pertandingan yang mempertemukan empat tim kontestan ini sejatinya dipersiapkan PSSI dan Menpora sebagai ajang pemanasan skuad Garuda muda sebelum tampil di Piala Asia U-20 nanti.

Oleh sebab itu, pertandingan ini terlaksana di Indonesia dengan mengundang tiga tim berbeda. Mereka adalah Timnas Fiji U-20, Guatemala U-20, dan Selandia Baru U-20. Awalnya, PSSI mengundang Republik Dominika U-20 namun mereka akhirnya membatalkannya sehingga PSSI menggantikannya dengan Selandia Baru U-20 yang juga merupakan sesama kontestan Piala Dunia U-20.

Menariknya, sistem yang digunakan dalam turnamen mini ini menggunakan sistem poin. Jadi, selayaknya pertandingan pada umumnya, pemenang akan mendapatkan 3 poin, imbang masing-masing 1 poin, dan jika kalah tak mendapatkan poin apapun. Bagi dua tim yang memiliki poin sama, maka perhitungannya menggunakan selisih gol yang dicetak.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Adapun pada hari pertama, Timnas Selandia Baru U-20 berhadapan dengan Timnas Guatemala U-20 sedangkan tuan rumah berjumpa dengan Fiji U-20. Di laga antara Selandia Baru U-20 dan Guatemala U-20, skuad muda La Azul y Blanco sukses menumpas perlawanan All Whites 3-1.

Sementara itu, di pertandingan yang dilangsungkan sesudahnya antara Timnas Indonesia Vs Fiji, skuad Garuda muda berhasil mengalahkan sang lawan dengan skor telak 4-0. Namun lebih dari itu, pertandingan ini berjalan dengan sangat sengit dan keras. Sang pengadil sampai mengeluarkan tiga kartu merah.

Di awal-awal babak pertama, Timnas Indonesia sering mendapatkan tekanan dari serangan balik sang lawan. Namun untungnya berhasil digagalkan oleh barisan lini belakang skuad Garuda muda.

Butuh waktu hingga 35 menit bagi Timnas Indonesia U-20 untuk mencetak gol pertamanya. Lewat kaki Arkhan Fikri, skuad Garuda muda berhasil mencetak gol pertamanya. Arkhan sukses mengkonversi umpan cutback dari Ginanjar Wahyu.

Hingga babak pertama usai, skor 1-0 untuk keunggulan Timnas Indonesia.

Empat menit babak kedua berjalan, Garuda muda kembali menggandakan keunggulannya. Kakang kali ini berhasil mencetak gol lewat sundulannya memanfaatkan bola rebound dari sepakan keras Resa dari luar kotak penalti. Bola sempat membentur mistar gawang namun bola kembali dikejar Kakang dan menjadi gol.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Pada menit ke-60, Timnas Indonesia semakin di atas angin. Resa kali mencetak gol untuk Timnas Indonesia setelah mendapatkan umpan datar yang sangat manja dari Dzaky Asraf. Skor 3-0 untuk Timnas Indonesia.

10 menit berselang pada menit ke-70, Shin Tae-yong melakukan banyak pergantian. 7 pemain digantikan oleh pelatih asal Korea Selatan itu – yang salah satunya adalah Hokky Caraka masuk menggantikan Rabbani Tasnim.

Pergantian tersebut terbukti efektif, Hokky berhasil mencetak gol keempat Timnas Indonesia melalui sundulannya. Alhasil skuad Garuda muda menang telak 4-0 dan berhak menempati posisi pertama Turnamen Mini PSSI.

https://twitter.com/PSSI/status/1626594706233888772?t=Jvtd39MdqWrb4_5mYDKkwA&s=19

Namun sayangnya, pertandingan keras dari tim tamu Fiji membuat laga ini kurang nyaman untuk disaksikan. Thomas Arthur mendapatkan kartu kuning kedua pada menit ke-56 akibat pelanggaran keras yang ia lakukan pada Kakang Rudianto. Sementara itu, Pawan Singh yang sempat melakukan bogem kepada Frengky Missa juga mendapatkan hukuman. Hokky yang sempat membalas Pawan Singh juga diganjar dengan hukuman yang sama. Momen tersebut terjadi beberapa menit sebelum bubar. Sehingga total, tiga kartu merah dikeluarkan oleh sang pengadil lapangan.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

3 Comments