Timnas Indonesia

Drawing Piala Asia 2023: Indonesia Gabung Grup D dengan Jepang, Irak, dan Vietnam



NOBARTV NEWS – Drawing Piala Asia 2023 telah selesai dilakukan. dipastikan tergabung di grup D bersama Timnas Jepang, Timnas Vietnam, dan Timnas Irak.

Sebagaimana diketahui, pada 18.00 WIB di Qatar – tepatnya di Katara Opera House, Doha, pada 11 Mei 2023, sudah dibuka drawing Piala Asia 2023. Drawing dilakukan di Qatar sebab negara timur tengah itu akan bertindak sebagai tuan rumah. Di kesempatan ini, hadir Presiden FIFA Gianni Infantino serta Presiden AFC Salman bin Ibrahim Al Khalifa.

Awalnya, China ditunjuk sebagai tuan rumah namun karena satu lain hal, negara yang dijuluki negeri tirai bambu itu memundurkan diri. Hal itu dikarenakan imbas covid-19 sehingga membuat China membatalkan statusnya tersebut.

Beberapa negara akhirnya mengajukan diri sebagai pengganti. Di antaranya adalah Indonesia, Australia, hingga Korea Selatan. Namun pada akhirnya, AFC selaku otoritas sepak bola tertinggi di Asia memutuskan Qatar sebagai penggantinya. Qatar dianggap negara paling siap untuk melangsungkan even sepakbola terbesar di benua Asia ini. Tak lain tak bukan karena beberapa bulan lalu, Qatar sukses menjadi tuan rumah untuk ajang sepak bola terbesar di jagat raya yakni Piala Dunia 2023.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Pertimbangan lainnya tentu adalah SDM (Sumber Daya Manusia) Qatar jauh lebih siap dengan pengalaman yang sudah dimilikinya kemarin. Untuk pelaksanaan, even Piala Asia 2023 ini akan digelar pada tahun depan – dari bulan Januari dan akan berakhir di bulan Pebruari 2024.

Dalam babak drawing yang baru saja berlangsung itu, Indonesia diwakili langsung oleh pelatih dan Ketua Umum PSSI yakni Shin Tae-yong serta Erick Thohir. Selain keduanya, adapula anggota Exco Endri Erawan dan salah satu staf Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

Dan di babak drawing tersebut, skuad Garuda tergabung di pot 4 bersama lima tim lainnya seperti India, Tajikistan, Thailand, Malaysia, dan Hongkong. Semakin bawah pot yang ditempati sebuah tim, maka semakin bawah pula posisi mereka di rangking FIFA. Dan untuk diketahui, Timnas Indonesia menjadi tim dengan peringkat terendah (149) di antara 24 kontestan Piala Asia 2023.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Dan hasilnya, dari pot 4 – Timnas Indonesia resmi masuk ke Grup D. Disusul pula oleh tim dari pot 3 yaitu Timnas Irak. Menariknya, tim asal Asia Tenggara lainnya yang berada di pot 2 yakni Timnas Vietnam juga masuk ke grup tersebut. Sementara itu, tim raksasa yang tergabung di pot 1 yaitu Timnas Jepang dipastikan berada di grup yang sama (D).

Hasil ini membuat skuad Garuda akan berjumpa dengan pemain seperti Takehiro Tomiyasu (Arsenal) hingga Takefusa Kubo (Real Sociedad).

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid