Timnas Indonesia

Update Proses Naturalisasi Trio Garuda Muda: Ivar Jenner – Rafael Struick di Setneg, Justin Hubner Tunggu Konfirmasi



NOBARTV NEWS – Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali memaparkan progres naturalisasi untuk tiga calon pemain U-20. Katanya, pihak PSSI masih menunggu konfirmasi dari Justin Hubner. Sedangkan Rafael Struick dan Ivar Jenner sudah setuju.

Sebagaimana diketahui, sejak tahun 2022 kemarin, PSSI dan Pemerintah RI sudah melakukan upaya untuk menaturalisasi tiga pemain keturunan. Tiga pemain yang dimaksud adalah Ivar Jenner, Justin Hubner, dan Rafael Struick. Ketiganya merupakan pemain keturunan yang lahir dan besar di Belanda.

Bahkan, ke-tiganya sudah datang ke Indonesia dan sempat mengikuti pemusatan latihan bersama skuad Garuda muda di Eropa – tepatnya di Spanyol tahun lalu. Dinaturalisasinya ke-tiga nama tersebut oleh Pemerintah RI atas rekomendasi dari sang pelatih Shin Tae-yong.

Tujuan naturalisasi Ivar Jenner dkk adalah untuk tampil di 2023. Akan tetapi, seperti yang diketahui belakangan ini, Piala Dunia U-20 tahun ini batal dilaksanakan di Indonesia. Sehingga skuad Garuda muda pun dipastikan batal tampil di even tersebut. Kabarnya, Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia U-20 juga sudah membubarkan skuadnya sejak 1 April kemarin.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Oleh sebab itu, rumor terkait kelanjutan naturalisasi itu pun kini dipertanyakan. Sebab tujuan awal naturalisasi dilakukan sudah tidak mungkin dicapai lagi. Terlebih, salah satu pemain yaitu Justin Hubner kini sedang dilirik KNVB (Federasi Sepak Bola Belanda). Beberapa waktu lalu, Justin memperkuat Timnas Belanda U-20 dalam sebuah laga uji coba.

Sementara itu, proses naturalisasi ketiganya baru saja rampung di tingkat DPR RI. Yang menjadi masalahnya adalah, bagaimana kelanjutan proses naturalisasi tersebut? Masihkah Justin Hubner, Rafael Struick, dan Ivar Jenner bersedia untuk melanjutkan proses naturalisasi tersebut? Terlebih, proses naturalisasi tinggal sedikit lagi.

Atas berbagai rumor tersebut, Zainudin Amali akhirnya angkat suara. Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) itu menyebut dua nama yakni Rafael Struick dan Ivar Jenner tetap setuju untuk dinaturalisasi. Berkas keduanya kini sudah berada di meja Sekertariat Negara (Setneg). Sedangkan Justin Hubner, Amali mengaku masih menunggu konfirmasi dari pemain yang bersangkutan.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

“Kan (dokumen) sudah di Setneg, di Istana sekarang. Pembahasan sudah, paripurna sudah, mana yang akan diloloskan lagi, kan kita belum tahu. Belum tentu juga tiga-tiganya kan,” kata Amali.

“Konfirmasinya (dari para pemain sendiri) sih oke, yang dua ya (Jenner dan Struijk). Yang satu (Justin) sedang dikonfirmasi lagi. Kan harus kita komunikasi lagi,” ujarnya menutupi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment