Timnas Indonesia

Profil Marc Grosjean, Pelatih Baru Marselino di KMSK Deinze



NOBARTV NEWS – Marselino Ferdinan telah resmi menjadi milik klub Challenger Pro League KMSK Deinze. Di klub tersebut, sang pemain akan dilatih oleh Marc Grosjean. Bagaimana rekam jejak sang pelatih baru Marselino ini? Berikut profil lengkapnya!

Sebagaimana diketahui, pemain muda Marselino Ferdinan akhirnya resmi menjadi pemain abroad. Ia diikat oleh klub kasta kedua KMSK Deinze. Di klub tersebut, Marselino diikat dengan durasi kontrak selama satu setengah musim ke depan.

Menariknya, tak hanya Marselino saja yang berstatus sebagai pemain asing asal Asia Tenggara di klub itu. Sebelumnya sudah ada nama striker muda Timnas Singapura Ilhan Fandi. Sayang, baik Ilhan maupun Marselino belum bisa melakukan debutnya. Ilhan masih dibekap cidera usai membela Singapura di 2022 kemarin sementara Marselino masih menunggu surat izin kerja dari pemerintah setempat.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Nah, di klub barunya itu, Marselino akan dilatih oleh Marc Grosjean. Sebelumnya, ia dilatih oleh pelatih lokal Aji Santoso di klubnya Persebaya Surabaya. Mampukah Marselino menjadi pilihan utama bagi Marc ketika ia sudah diperbolehkan turun nanti?

Berikut rekam jejak Marc Grosjean!

Marc Grosjean merupakan mantan pesepakbola yang bermain sebagai bek. Sepanjang karir sepakbolanya, Marc hanya pernah membela tiga klub saja. Di masa karirnya itu, Marc pernah membela Racing Mechelen, RFC Seraing, dan RFC Seraing (- 1996). Di ketiga klub itu, Marc total telah memainkan laga sebanyak 91 kali. Ia tak pernah mencetak gol maupun assist sepanjang karirnya tersebut.

Meksipun demikian, Marc cukup sering gonta-ganti klub sepanjang karir kepelatihannya. Pria kelahiran 11 September 1958 ini pernah menukangi lebih dari 10 klub. Pria dengan lisensi kepelatihan Pro UEFA ini pernah jadi pelatih La Louviere, RAEC Mons, Royal Antwerp, KAS Eupen, FC Brüssel, F91 Dudelange, CS Visé, Union SG, dan beberapa klub lainnya.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Ia resmi menjadi pelatih KMSK Deinze sejak 24 Oktober tahun 2022 lalu. Sejak menukangi klub baru Marselino itu, Marc telah membawa timnya menang sebanyak 8 kali, 1 kali imbang, dan 4 kali menelan kekalahan dari total 13 pertandingan. Terbaru, ia membawa KMSK Deinze menang atas FCV Dender EH di lanjutan Liga 2 Belgia tadi malam. Bertandang ke markas sang lawan di Stadion Florent Beeckmanstadion, KMSK sukses mencuri poin penuh.

Namun sayangnya, di Challenger Pro League musim ini, KMSK Deinze masih tertahan di peringkat ke-8 dengan catatan 30 poin dari 9 kali menang, 3 kali imbang, dan 9 kali menelan kekalahan.

Meskipun tim yang diasuhnya ini masih terpuruk, namun di sepanjang karir kepelatihannya, ia pernah membawa F91 Dudelange sebagai juara Luxembourg National Division pada musim 2011-2012.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

9 Comments