Piala Dunia 2022

Hasil Kosta Rika vs Jerman Piala Dunia 2022: Der Panzer Menang Besar Namun Tersingkir



NOBARTV NEWS – Laga antara Kosta Rika versus Jerman di matchday ketiga babak fase grup berakhir dengan skor 2-4 untuk kemenangan Jerman.

Timnas Jerman mampu comeback setelah tertinggal saat melawan Kosta Rika di Stadion Al Bayt pada 2 Desember 2022.

Empat gol kemenangan Jerman dicetak oleh Gnabry, Havertz (2 gol), dan Fullkrug. Sementara itu dua gol Kosta Rika dicetak oleh Tejeda dan Vargas.

Meskipun bisa menang di laga ini, Jerman tidak bisa lolos ke babak 16 besar karena tidak bisa mengungguli Spanyol di Grup E. Di sisi lain, Kosta Rika juga tersingkir.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Timnas Jerman mampu tampil lebih dominan di babak pertama, baik dalam hal penguasaan bola maupun serangan. Di sisi lain, Kosta Rika tampil bertahan dan cukup kesulitan untuk menyerang.

Jerman langsung menerapkan pola permainan menekan sejak menit pembuka. Jerman seperti ingin segera mungkin mencetak gol ke gawang Kosta Rika. Hasilnya, Jerman benar-benar sukses mencetak gol di menit-menit awal.

Pada menit ke-10, Jerman sukses mencetak gol melalui Serge Gnabry. Pemain Bayern Munchen tersebut berhasil mencatatkan namanya di papan skor usai memanfaatkan umpan dari David Raum, skor pun berubah jadi 0-1 untuk keunggulan Jerman.

Setelah berhasil unggul, Jerman kian gencar melakukan tekanan ke lini pertahanan Kosta Rika. Dengan menerapkan tenakan yang cukup masif, Jerman mendapatkan beberapa peluang untuk mencetak gol kedua, namun selalu gagal saat melakukan finishing.

Di sisi lain, Kosta Rika bermain bertahan cukup dalam, bahkan tidak menyisakan pemain di lini depannya. Kosta Rika juga cukup kesulitan saat ingin keluar menyerang.

Pada menit-menit akhir babak pertama, Kosta Rika mendapatkan peluang emas untuk menyamakan kedudukan. Sayangnya, Fuller yang mengeksekusi peluang tersebut gagal mencetak gol.

Hingga babak pertama usai, skor 0-1 untuk keunggulan Jerman tidak berubah.

Babak Kedua

Di babak kedua, Jerman masih cukup dominan dalam melakukan penguasaan bola. Jepang masih bisa tampil menekan dan memaksa Kosta Rika bertahan.

Akan tetapi, di sisi Kosta Rika, mereka lebih berani keluar menyerang dengan beberapa pemain. Kosta Rika tampaknya tidak ingin hanya bertahan di babak kedua.

Upaya Kosta Rika untuk menekan akhirnya membuahkan hasil, pada menit ke-58 Kosta Rika mampu menyamakan kedudukan. Gol penyama kedudukan Kosta Rika tersebut dicetak oelh Tejeda, skor berubah jadi 1-1.

Usai menyamakan kedudukan, Kosta Rika cukup percaya diri dalam bermain. Mereka lebih berani untuk tampil lepas guna menekan Jerman.

Pada menit ke-70, Kosta Rika membuat kejutan dengan mampu mencetak gol kedua. Gol tersebut dicetak oleh Juan Pablo Vargas usai memanfaatkan kemelut di depan gawang Jerman. Skor kembali berubah jadi 2-1 untuk keunggulan Kosta Rika.

Kemasukan dua gol membuat Jerman meningkatkan intensitas serangan, hasilnya tidak butuh lama bagi Jerman untuk kembali menyamakan kedudukan.

Pada menit ke-73, Kai Havertz bisa lepas dari kawalan bek Kosta Rika. Kemudian pemain Chelsea tersebut mencetak gol untuk Jerman, skor berubah jadi 2-2.

Kai Havertz tampil jadi pembeda bagi Jerman di babak kedua, pasalnya Havertz kembali mencetak gol di menit ke-85. Gol tersebut mengubah skor menjadi 2-3 untuk keunggulan Jerman.

Jerman benar-benar menghabisi Kosta Rika pada babak kedua, pada menit ke-89 Jerman kembali mencetak gol, kali ini melalui Niclas Fullkrug, skor berubah jadi 2-4 untuk Jerman.

Hingga pertandingan berakhir, skor 2-4 tidak berubah, Jeman sukses kalahkan Kosta Rika.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by DFB-Team (@dfb_team)

Dengan kemenangan ini, Jerman mengakhiri babak fase grup Piala Dunia 2022 sebagai juara penghuni posisi ketiga Grup E. Sementara itu, Kosta Rika jadi juru kunci alias posisi keempat Grup E.

Susunan Pemain Sejak Menit Awal

Kosta Rika: K Navas, J Vargas, K Waston, O Duarte, K Fuller, B Oviedo, C Borges, Y Tejeda, J Campbell, B Aguilera, J Venegas

Jerman: M Neuer, N Suele, A Rudiger, D Raum, J Kimmich, L Goretzka, I Gundogan, L Sane, S Gnabry, J Musiala, T Muller

Demikian ulasan jalannya pertandingan Kosta Rika v Jerman di matchday ketiga babak fase grup Piala Dunia 2022.


Ferdian Indarto

Seorang penulis artikel yang juga suka futsal dan nonton sepakbola, terutama Liga-liga top dunia. Liga favoritnya adalah liga Inggris dan pemain bintang favoritnya seorang Sergio Aguero.

2 Comments