Timnas Indonesia

Profil Klub Baru Marselino Ferdinan: Diperkuat 6 Pemain Tim Nasional, Dua di Antaranya Asal Asia Tenggara!



NOBARTV NEWS – Marselino Ferdinan resmi berseragam klub kasta kedua KMSK Deinze. Marselino rela menolak tawaran untuk bermain di Jong KAA Gent yang berkompetisi di kasta ketiga Liga Belgia. Bagaimana rekam jejak klub baru Marselino ini? Berikut ulasannya!

Sebagaimana diketahui, minggu lalu, Marselino terbang ke Eropa ditemani oleh agennya Dusan Bogdanovic. Mereka terbang ke negara Eropa tepatnya di Belgia.

Sebelumnya, Dusan menampik bahwa sang klien akan bermain keluar negeri. Ia menegaskan bahwa sang pemain masih terikat kontrak dengan Persebaya Surabaya. Namun lucunya, ia sendiri yang menemani Marselino dalam kunjungannya ke negara Eropa tersebut.

Kedatangan Marselino dan Dusan tidak sekadar untuk melakukan kunjungan biasa. Namun di sana, pemain itu melakukan trial di salah satu klub papan atas KAA Gent. Hanya saja, KAA Gent tidak memainkan Marselino di tim utama ‘andai' ia dinyatakan lolos seleksi. Marselino akan dimainkan di tim reserve (tim cadangan) yakni Jong KAA Gent yang berkompetisi di kasta ketiga.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Hal itu tidak disukai Marselino sehingga tanpa trial lagi, ia hijrah ke klub lainnya yakni KMSK Deinze.

KMSK Deinze memiliki nama lengkap Koninklijke Maatschappij Sportkring Deinze. KMSK didirikan pada tahun 1926 lalu. Saat ini, KMSK menjadikan stadion Burgemeester Van de Wiele,

Deinze sebagai markasnya. Stadion ini memiliki kapasitas penonton sebanyak 7.515 kursi.

Dilansir dari detik.com, “KMSK Deinze debut di kompetisi regional Belgia pada musim 1926/1927. KMSK Deinze promosi ke divisi empat pada 1954/1955 dan naik tingkat ke divisi dua pada 1992 dan bertahan di sana hingga musim 2008/2009.”

“Tiket ke divisi dua Liga Belgia kembali KMSK Deinze usai menjuarai divisi tiga pada 2019/2020. Klub oranye-hitam itu finis kelima pada Challenger Pro League 2020/2021 dan naik satu peringkat pada musim berikutnya,” lanjut detik.

Musim ini, KMSK Deinze bertengger di posisi 8 dari total 12 kontestan di kasta kedua Liga Belgia. Anak asuh Antonio Calderon Burgos itu baru mengemas 8 kali kemenangan, 3 imbang, dan 9 kali menelan kekalahan dari 20 laga. Mereka baru mengumpulkan 27 poin dari 20 pertandingan tersebut.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Pada tahun 2022 lalu, klub ini dibeli oleh perusahaan asal Singapura ACA Football Partners Pte. Ltd (ACAFP). Pasca dibeli oleh perusahaan tersebut, di musim dingin ini, KMSK Deinze banyak melakukan pembelian pemain asal Asia. Setidaknya, dari 6 pemain yang datang di musim dingin ini, terdapat 3 pemain baru yang berasal dari Asia. Mereka adalah Marselino Ferdinan (Indonesia), Ilhan Fandi (Singapura), dan Yuta Miyamoto (Jepang).

Namun yang menarik adalah, setengah dari total 30 punggawa KMSK Deinze ini merupakan pemain asing (luar Belgia). Dan enam di antaranya merupakan pemain berlabel tim nasional. Pemain-pemain yang berstatus sebagai punggawa tim nasional adalah Marselino Ferdinan (Indonesia), Ilhan Fandi (Singapura), Djihad Bizimana (Rwanda), Liam Fraser (Kanada), Bafodé Dansoko (Guinea), dan terakhir Teo Quintero (Venezuela).

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

12 Comments