Timnas Indonesia

STY Akui Buta Kekuatan Lawan di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Tetap Optimis Juara Grup?



STY Akui Buta Kekuatan Lawan di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Tetap Optimis Juara Grup?
Shin Tae-yong

NOBARTV NEWS – Shin Tae-yong mengaku tidak tahu dengan kekuatan lawannya di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Padahal, tidak kurang dari lima hari lagi, Marselino Ferdinan dkk akan melakoni laga perdananya di babak kualifikasi tersebut.

Sebagaimana diketahui, Garuda muda segrup dengan Timnas Vietnam, Hongkong, dan Timor-Leste. Keempat tim tersebut tergabung di grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. akan melawan Timor Leste di pertandingan pembuka, lalu berhadapan dengan Timnas Hongkong dan akan melawan Vietnam di laga pamungkasnya.

Namun sayang, dari tiga calon lawannya tersebut, Shin akui buta dengan peta kekuatan dua lawannya. Dua tim yang dimaksud adalah Timnas Hongkong dan Timor-Leste. Untuk Timnas Vietnam, Indonesia dengan tim berjuluk The Young Golden Stars ini pernah bersua pada U-19 2022 kemarin. Saat itu, skuad asuhan Shin Tae-yong bermain imbang 0-0 dengan skuad yang diasuh oleh Dinh The Nam itu.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Sedangkan dengan Timor Leste, Shin mengaku tidak tahu (peta kekuatan) karena Timnas Indonesia U-19 belum pernah bertemu dengan mereka sejak STY mengambil alih kursi kepemimpinan Timnas U-19. Adapun Hongkong, Indonesia – dalam hal ini Shin Tae-yong benar-benar buta karena keduanya berada di sub konfederasi yang berbeda sehingga pelatih asal Korea Selatan itu benar-benar awam dengan kekuatan calon lawan Ronaldo Kwateh dkk itu.

Hal ini tentu sangat merugikan Timnas Indonesia. Sebab sebagaimana target yang telah diusung, skuad Garuda wajib menyapu bersih seluruh laga dengan kemenangan demi mendapatkan jatah otomatis lolos ke putaran final Piala Asia U-20 tahun depan.

Sebab seperti yang diketahui, hanya juara grup yang berhak lolos ke putaran final. Dan lima runner-up terbaik akan menyusul ditambah dengan tuan rumah Uzbekistan. Bertindak sebagai tuan rumah grup F, Timnas Indonesia incar seluruh laga dengan kemenangan demi lolos secara otomatis.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Namun jika kekuatan lawan saja masih awam menurut juru kemudi – dalam hal ini STY, apakah harapan serta keoptimisan itu masih ada?

“Jujur saja tidak terlalu tahu mungkin baru Vietnam saja yang sejauh ini tahu kemampuan dan tim yang sekuat apa,” papar Shin Tae-yong.

“Timor Leste juga jujur tidak tahu karena tidak satu grup di piala AFF kemarin. lalu Hong Kong juga bukan tim dari AFF,” ujarnya menambahkan.

Namun Shin mengaku tahu betul dengan kekuatan salah satu lawannya yakni Timnas Vietnam.

“Jadi jujur tidak tahu mengenai kekuatan dua tim ini tetapi untuk Vietnam tahu,” tutup sang pelatih.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid