Timnas Indonesia

4 Fakta Jelang Duel Indonesia vs Korea Selatan: Arhan Jumpa Rekan Setimnya di Suwon FC!



NOBARTV.CO.ID Deretan fakta Indonesia vs Korea Selatan, Beberapa fakta terhimpun jelang pertandingan Indonesia vs Korea Selatan. Apa saja itu?

asuhan Shin Tae-yong akan bersua dengan skuad muda Taeguk Warriors (julukan Timnas Korea Selatan) dalam perempatfinal Piala Asia U23 2024. Laga tersebut akan digelar pada Jumat dini hari nanti (26/04) di Abdullah bin Nasser bin Khalifa Stadium.

Kepastian duel tersebut terjadi usai Korea Selatan menang atas Jepang 1-0 di laga pamungkas grup B. Jadi, setelah skuad Korea membungkam Jepang di laga pamungkas grup B, mereka berhak menempati posisi pertama klasemen akhir di grup tersebut. Sementara di pertandingan sebelumnya yang tersaji di grup A, Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Yordania 4-1 sehingga membuat skuad Garuda muda finis di peringkat kedua klasemen sementara.

Sesuai dengan regulasi yang sudah diatur AFC, juara grup B akan bertemu dengan runner-up grup A di babak perempatfinal. Atas dasar itu, Korea Selatan selaku juara grup B pun dipertemukan dengan anak asuh Shin Tae-yong itu selepas memenangkan duel melawan Jepang.

Baca Juga:  PSSI Bongkar Penyebab Maarten Paes Belum Bisa Perkuat Timnas Indonesia

Diprediksi, laga ini akan berjalan seru dan menarik. Pasalnya, pelatih Timnas Indonesia U23 Shin Tae-yong yang berasal dari Korea Selatan akan berduel dengan negara asalnya untuk pertama kali. Ya, sejak resmi menjadi pelatih Timnas Indonesia beberapa tahun lalu, Shin tidak pernah melawan negaranya. Dan di Piala Asia U23 ini, duel tersebut akhirnya benar-benar terjadi.

4 Fakta Jelang Duel Indonesia vs Korea Selatan: Arhan Jumpa Rekan Setimnya di Suwon FC!
Potret selebrasi duo punggawa Timnas Indonesia U-23 (sumber: IG @timnas.indonesia)

Di samping duel menarik Shin melawan negara kelahirannya, ada beberapa fakta terkait laga Indonesia vs Korea Selatan ini. Apa saja? Berikut fakta yang menarik untuk dibaca sebelum pertandingan tersebut digelar:

Duel 2 mantan pemain Timnas Korea Selatan

Shin Tae-yong dan Hwang Sun-hong (pelatih Korea Selatan U23) adalah mantan pemain Timnas Korea Selatan. Kedua pelatih ini pernah sama-sama bahu-membahu memperkuat tim senior Taeguk Warriors. Hwang Sun-hong lebih dulu memperkuat Timnas Korea Selatan sejak tahun 1988 hingga 2002 sedangkan Shin Tae-yong dari 1992-1997.

Baca Juga:  Timnas U20 Terbang ke Como untuk Persiapan TC Jelang Turnamen Toulon Prancis

Bertemunya dua punggawa Suwon FC

Pratama Arhan yang berstatus sebagai pemain anyar Suwon FC akan bertemu dengan rekan setimnya Sang-yun Sang. Di Suwon FC dan Timnas Korea Selatan U23, Sang-yun Sang bermain sebagai gelandang sedangkan Pratama sebagai fullback kiri.

Indonesia unggul jumlah pemain abroad

Dalam hal pemain abroad, Timnas Indonesia jauh lebih unggul dibanding skuad Korea Selatan. Skuad Garuda muda diperkuat oleh enam pemain abroad yakni Ivar Jenner (Jong Utrecht), Rafael Struick (ADO Den Haag), Pratama Arhan (Suwon FC), Nathan Tjoe-A-On (SC Heerenveen), Justin Hubner (Cerezo Osaka), dan Marselino Ferdinan (KMSK Deinze). Adapun Korea Selatan U23 cuma mempunyai dua pemain abroad yaitu Jeong San-bin (Minnesota United) dan Kim Min-woo (Fortuna Dusseldorf II)

Timnas Indonesia punya pemain dengan usia rata-rata lebih muda

Selain unggul dari jumlah pemain abroad, Timnas Indonesia juga diperkuat oleh pemain-pemain dengan usia rata-rata lebih muda. Dari puluhan pemain yang dibawa Shin Tae-yong, mereka memiliki usia rata-rata 20,56 tahun sedangkan Korea Selatan dengan usia rata-rata 21,5 tahun.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *