Timnas Indonesia

Spasojevic Beri Marselino Ferdinan Kunci Sukses Berkarier di Luar Negeri



NOBARTV NEWS – Kepindahan Marselino Ferdinan ke luar negeri memantik komentar dari rekan setimnya di . Adalah Ilija Spasojevic, striker milik Bali United itu memberikan wejangan kepada sang pemain.

Sebagaimana diketahui, Marselino akhirnya resmi mengikat kontrak dengan klub Belgia KMSK Deinze. KMSK Deinze merupakan klub yang saat ini bermain di kasta kedua atau Challenger Pro League. Sementara itu, klub yang dibela pemain Timnas Indonesia lainnya yakni Sandy Walsh KV Mechelen bertanding di kasta tertinggi Liga Belgia atau Jupiler Pro League.

Di klub barunya itu, Marselino mendapatkan kontrak hingga 30 Juni 2024 atau 1,5 tahun ke depan.

Berita kepindahan Marselino kemarin memantik perhatian banyak orang. Persebaya Surabaya yang notabenenya merupakan klub Marselino sebelumnya merasa bangga dengan dipastikannya sang pemain membela tim luar negeri. Hal yang sama juga diutarakan oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. Begitu pula dengan salah satu komentar yang berasal dari rekannya di Timnas Indonesia Ilija Spasojevic.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Untuk diketahui, Spaso merupakan striker naturalisasi yang cukup lama bermain di Indonesia. Ia hijrah ke Indonesia pada awal tahun 2011. Sejak saat itu, ia sudah membela banyak klub seperti Persib Bandung, Mitra Kukar, PSM Makassar, dan kini bermain di Bali United.

Sebagai pemain yang lebih senior, Spaso memberikan wejangan khusus kepada Marselino. Sebab Spaso sendiri tercatat pernah membela beberapa klub Eropa sebelum pindah ke Indonesia. Dari segi pengalaman, Spaso jelas lebih unggul dari wonderkid muda Timnas Indonesia itu.

Spaso pernah membela Sutjeska Niksic (Montenegro), Dinamo Tbilisi (Georgia), hingga AO Trikala (Yunani).

“Saya sangat dukung itu karena pemain muda harus berani pasang target untuk bermain di Eropa,” kata Ilija Spasojevic terkait hijrahnya Marselino Ferdinan.

Spaso lalu memberikan resep – sekaligus wejangan kepada pemain muda terbaik 2022 itu.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

“Sebenarnya tidak ada rahasia di sepak bola karena kuncinya harus kerja keras, percaya diri tinggi dan mental yang kuat,” ujar Spaso menambahkan.

“Pasti tidak gampang karena jauh dari keluarga. Saya sendiri umur 15 tahun pergi dari rumah dan meninggalkan keluarga untuk meraih pengalaman itu. Tentu tidak mudah dan memang harus melewati tahapan itu kalau mau sukses meraih cita-cita,” ujarnya memungkasi.

Adapun dengan hijrahnya Marselino tersebut, kini Timnas Indonesia diperkuat oleh tujuh pemain abroad. Mereka adalah Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Asnawi Mangkualam Bahar (Jeonnam Dragons), Saddil Ramdani (Sabah FC), Jordi Amat (Johor Darul Takzim), Shayne Pattynama (Viking FK), dan Sandy Walsh (KV Mechelen).

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

9 Comments