Intermezzo

Si Tengil Jonathan Khemdee Bakal Main di Indonesia, Netizen Langsung Bereaksi



NOBARTV NEWS – Publik sepakbola Indonesia tentu tidak lupa dengan bek Timnas Thailand Jonathan Khemdee. Kabarnya, Khemdee bersama klubnya Ratchaburi FC akan memainkan sebuah di Indonesia.

Sebagaimana diketahui, dalam dua edisi SEA Games yang diikutinya, skuad Garuda selalu berjumpa dengan Timnas Thailand di partai krusial. Di SEA Games 2021 Vietnam lalu, skuad berhadapan dengan Timnas Thailand di babak semifinal. Sementara itu, di edisi sesudahnya atau tahun 2023 ini, skuad Garuda kembali berjumpa Thailand. Namun kali ini, perjumpaan tersebut tersaji di partai final atau perebutan medali emas.

Pada edisi 2021, skuad Garuda dikalahkan Thailand dengan cara yang amat menyakitkan. Kala itu, Timnas Indonesia mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol ke gawang anak asuh Mano Polking itu. Namun sayangnya, berbagai percobaan yang dilakukan skuad Garuda tak menemui hasil.

Tak hanya Timnas Indonesia saja, skuad Thailand juga kesulitan untuk menembus jantung pertahanan Timnas Indonesia. Alhasil, dalam waktu 2×45 menit, kedua tim bermain sama kuat 0-0. Namun mirisnya, di babak extra time, Thailand sukses mencetak satu gol yang kemudian gol tersebut bertahan hingga pertandingan berakhir. Pertandingan di babak extra time ini berjalan amat keras sehingga wasit memberikan tiga kartu merah sekaligus kepada pemain Timnas Indonesia. Mereka adalah Firza Andhika, Rachmat Irianto, dan Ricky Kambuaya. Sementara satu pemain Thailand lainnya yakni William Gabriel Widersjoe juga diganjar dengan kartu yang sama.

Salah satu provokator yang tertangkap kamera di laga tersebut adalah bek tengah Thailand Jonathan Khemdee. Beberapa kali Khemdee terlibat adu mulut yang membuat pemain Timnas Indonesia terpancing emosi.

Dan ternyata, perjumpaan Timnas Indonesia dan Thailand khusunya Jonathan Khemdee tidak berakhir pada saat itu saja. Di SEA Games 2023 kemarin, Timnas Indonesia dan Thailand berjumpa di partai final. Lucunya, Jonathan Khemdee lagi-lagi bermain di laga tersebut.

Di laga final tersebut, Khemdee beberapa kali melakukan pelanggaran keras yang ujungnya adalah ia mendapatkan kartu merah di extra time babak pertama. Kali ini, giliran Timnas Indonesia yang memenangkan pertandingan dan berhasil membawa pulang medali emas.

Pasca pertandingan, Khemdee kembali membuat ulah. Ia mengaggap salah satu gol Ramadhan Sananta di laga tersebut tidak sah. Selain itu, ia juga mengkritik kinerja wasit. Tak selesai sampai di situ, Khemdee juga dikecam lantaran melempar souvernir dan medali perak yang didapatkannya.

Dan lucunya, baru-baru ini, Jonathan Khemdee dikabarkan akan segera datang ke Indonesia. Ia dan skuad Ratchaburi FC akan memainkan sebuah laga persahabatan. Ratchaburi dijadwalkan akan berjumpa dengan Persija Jakarta pada 25 Juni mendatang.

“Raja Naga Ratchaburi FC akan menaikkan pasukan untuk pemanasan Macan Kemayoran Persija Jakarta, Minggu 25 Juni 2023 di Jakarta International Stadium, Indonesia,” tulis Ratchaburi dalam akun facebooknya.

Unggahan tersebut kemudian direspon oleh penikmat sepakbola tanah air. Nama Khemdee menjadi yang paling sering dibahas usai kabar tersebut beredar.

“Sampai jumpa di Jakarta, Khemde,” tulis Ilham***.

“Jonathan Khemdee? Are you ready?” komen Ridan***.

“Lawan klubnya Khemdee,” tutur Dimas***.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid