BRI Liga 1

Jan Olde Riekerink Tambah Deretan Pelatih Top Liga Indonesia, Berikut Rekam Jejak Mereka!



NOBARTV NEWS – Klub Indonesia Dewa United melakukan gebrakan baru jelang bergulirnya putaran kedua . Klub berjuluk Tangsel Warriors itu resmi mendatangkan pelatih kelas wahid Jan Olde Riekerink. Jan Olde kini menambah deretan pelatih kelas atas di Liga Indonesia.

Siapa saja pelatih kelas atas di Liga Indonesia saat ini? Berikut nama dan rekam jejaknya!

1. Jan Olde Riekerink (Dewa United)

Demi meningkatkan permainan timnya, Dewa United resmi mendatangkan Jan Olde pada awal tahun ini. Diketahui, Jan Olde merupakan pelatih berkebangsaan Belanda yang sudah banyak mengenyam kursi kepelatihan di liga top Eropa.

Tercatat, Jan Olde pernah menjadi pelatih kepala Ajax Youth, Ajax U-19, hingga Ajax U-21 pada tahun 1995 hingga 2002. Ia juga pernah menjadi manajer tim asal Belgia KAA Gent pada tahun 2002 hingga 2003.

Pada tahun 2003, ia kembali ke Belanda untuk menukangi FC Emmen. Menariknya, di empat klub terakhir yang ditukanginya, Jan Olde sempat menjadi pelatih Galatasaray (2016-2017), Heerenveen (2018-2019), Cape Town City (2019-2021), dan terakhir Iskenderun FK (2021-2022) sebelum akhirnya memutuskan untuk menangani Dewa United.

2. Bernando Tavares (PSM Makassar)

Pelatih PSM Bernando Tavares tidak hanya pernah menjabat sebagai pelatih. Ia juga pernah bekerja sebagai pelatih kiper, scout, asisten pelatih, hingga asisten ekskutif.

Meski tak pernah menjadi pelatih kepala untuk tim-tim besar, namun di awal kepelatihannya Bernando pernah bekerja di klub top Portugal. Ia pernah menjadi asisten pelatih di Sporting Youth dan SL Benfica Youth. Ia juga pernah menjadi scout di FC Porto.

3. Luis Milla (Persib Bandung)

Eks pemain Barcelona dan Real Madrid Luis Milla tercatat pernah menangani berbagai klub papan atas Eropa. Namun, karir Eropa itu banyak ia habiskan di tanah kelahirannya di Spanyol.

Milla pernah menjadi pelatih Timnas Spanyol U-17, U-20, U-19, hingga U-21. Ia juga pernah menangani klub Spanyol Real Zaragoza dan juga pernah menangani pada tahun 2017 sampai 2018. Kini, ia menjadi pelatih untuk klub Indonesia Persib Bandung.

4. Thomas Doll (Persija Jakarta)

Pelatih Persija Thomas Doll pernah menjabat sebagai pelatih di berbagai klub top Jerman. Doll pernah menukangi Hamburger SV (2004-2007), Borrusia Dortmund (2007-2008), dan Hannover 96 (2019).

Selain menukangi klub Jerman, Doll pernah tukangi klub Turki Genclerbirligi (2009-2010), lalu klub Saudi Arabia Al-Hilal SFC (2011-2012), dan klub Hungaria Ferencvárosi TC (2013-2018).

Dan sebelum mengikat kontrak dengan Persija, Thomas Doll tercatat sebagai pelatih untuk klub asal Siprus APOEL Nicosia.

5. André Gaspar (Borneo FC)

Pelatih Borneo asal Brasil Andre Gaspar tercatat hanya pernah membersamai beberapa klub saja. Borneo merupakan klub keempat yang pernah ia jajaki.

Sebelumnya, André Gaspar pernah menjadi pelatih kepala dan direktur olahraga untuk klub Brasil Bragantino. Setelah itu, ia juga menjabat sebagai asisten pelatih untuk klub Korea Daegu FC, lalu menjadi pelatih kepala Daegu Reserves. Setelah itu menjadi pelatih ad-interim Daegu FC dan pada akhirnya menjadi pelatih kepala untuk klub tersebut (Daegu FC).

Sebelum memutuskan untuk melatih Borneo FC, Andre Gaspar sempat menukangi klub Saudi Arabia Al-Hazem SC

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

3 Comments