Timnas Indonesia

Ditinggal Park Hang-seo, Indra Sjafri Harap Masa Transisi Timnas Vietnam Tak Berjalan Mulus



NOBARTV NEWS – Di SEA Games 2023 kali ini, Vietnam dipastikan tak akan ditangani oleh pelatih lamanya Park Hang-seo. The Golden Stars Warriors memiliki pelatih baru bernama Philippe Troussier. Pelatih Indonesia Indra Sjafri berharap masa transisi Timnas Vietnam di bawah kepemimpinan pelatih barunya itu tak berjalan mulus.

Seperti yang diketahui, pasca 2022 kemarin, pelatih asal Korea Selatan Park Hang-seo resmi mengundurkan diri sebagai pelatih Timnas Vietnam. Park mengakhiri kerjasama tersebut setelah melakukan perubahan yang cukup signifikan untuk sepak bola Vietnam.

Berkat kejeniusannya, Park sukses membawa Vietnam menjadi tim yang diperhitungkan di kancah Asia. Bahkan, di peringkat FIFA saat ini, Vietnam menjadi tim terbaik Asia Tenggara dengan berada di posisi 100 besar. Sementara 10 tim lainnya berada di luar peringkat tersebut.

Oleh sebab itu, VFF (Federasi Sepak Bola Vietnam) ingin memperpanjang kontrak sang pelatih. Sayang, Park tetap pada pendiriannya untuk mengakhiri kerjasamanya itu. Alhasil, usai dari Piala AFF 2022 kemarin, Park kembali ke kampung halamannya dan sampai saat ini diketahui belum menerima tawaran untuk melatih lagi.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Kepergian Park membuat VFF segera mencari penggantinya. Adalah Philippe Troussier, pelatih berkebangsaan Prancis itu resmi menggantikan posisi Park Hang-seo. Sebelumnya, Troussier pernah menjabat sebagai pelatih Timnas Vietnam kelompok umur. Namun kini ia menjabat sebagai pelatih untuk tim seniornya.

Oleh sebab itu pula, pada FIFA Matchday Maret kemarin, Timnas Vietnam tidak memainkan satupun pertandingan. Hal itu dikarenakan pergantian pelatih masih dalam masa transisi untuk saling mengenal satu sama lain. Atas alasan tersebut, mereka tidak memainkan pertandingan meskipun dalam waktu dekat ini akan ada ajang SEA Games 2023.

Di even SEA Games nanti, Timnas Vietnam dipastikan akan dinakhodai oleh Philippe Troussier. Seperti even SEA Games sebelum-sebelumnya, Vietnam selalu menjadi momok menakutkan bagi Indonesia ketika masih dinakhodai oleh Park Hang-seo. Gelar juara SEA Games 2019 hancur ketika skuad Garuda tumbang di partai final atas Vietnam. Selain itu, di SEA Games 2021, anak asuh Shin Tae-yong dipermalukan Vietnam di partai pembuka grup A dengan skor telak 3-0.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Oleh karenanya, pelatih U-22 Indra Sjafri berharap agar masa transisi Philippe Troussier bersama Timnas Vietnam tak berjalan baik. Sebab bukan tidak mungkin di SEA Games 2023 nanti Indra akan kembali bertemu dengan mereka lagi. Indra tentu tak ingin Vietnam menjadi tim yang selalu gagal dikalahkannya – meskipun pelatihnya sudah melakukan pergantian.

“Saya beberapa kali berhadapan dengan Park Hang-seo, dan bahkan masih berkomunikasi dengannya. Dan dia memang sudah memutuskan untuk tak lagi di Vietnam,” kata Indra di sela pemusatan latihan Timnas Indonesia U-22 kemarin.

“Tentu ada masa transisi, dan saya berharap masa transisi ini menjadi hal yang tidak positif untuk Vietnam,” ujarnya menutupi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

5 Comments