Timnas Indonesia

Sulthan Zaky, Pemain Termuda Timnas U-20 di Piala Asia U-20 2023



NOBARTV NEWS – Selain Dzaky Asraf, PSM Makassar juga menyumbangkan satu pemainnya ke untuk Piala Asia U-20 2023. Adalah Sultan Zaky, pemain Timnas U-16 itu dibawa Shin Tae-yong ke even tersebut. Kini, ia menjadi pemain termuda yang diikutsertakan oleh sang pelatih.

Sebagaimana diketahui, begitu PSSI mengumumkan 30 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan sejak 1 Pebruari kemarin, PSM langsung melepas kedua pemainnya. Sang pelatih Bernando Tavares sesegera mungkin melepas dua pemain mudanya yakni Dzaky Asraf dan Sultan Zaky.

Seperti diketahui, kedua pemain tersebut memang sudah masuk ke dalam skuad Timnas Indonesia di kelompok umur sejak dulu. Dzaky Asraf merupakan pemain Timnas U-19 yang sudah dipercaya Shin sejak lama. Bahkan, ia menjadi salah satu pemain muda yang mengikuti TC jangka panjang di Eropa pada tahun 2022 kemarin. Sementara itu, Sultan Zaky merupakan pemain Timnas U-16 didikan Bima Sakti. Ia merupakan skuad inti Garuda Asia ketika memenangkan gelar U-16 2022.

Baca Juga:  Laga Uji Coba Indonesia vs Tanzania Disiarkan Langsung dan Boleh Dihadiri Penonton

Sebetulnya, selain Sultan Zaky, satu pemain Garuda Asia (Timnas U-16) lainnya yakni Arkhan Kaka juga dipanggil Shin Tae-yong untuk mengikuti TC awal Pebruari ini. Namun sayangnya, di pemusatan latihan tersebut, Kaka kalah bersaing dengan pemain yang lebih senior seperti Hokky Caraka dan Rabbani Tasnim. Sedangkan Sultan Zaky, bek tengah PSM Youth itu selalu dimainkan di laga uji coba Garuda muda.

Alhasil, kini Sultan mendapatkan satu tempat yang begitu istimewa. Di usianya yang baru menginjak 16 tahun, pemain kelahiran 23 Maret 2006 itu bakal jadi pemain termuda Timnas Indonesia di Piala Asia U-20 2023. Menariknya, ia menyingkirkan satu pemain blasteran yang berposisi sama dengannya. Adalah Brandon Scheunemann, bek tengah PSIS Semarang itu gagal lolos sedangkan Sultan Zaky terpilih.

Tak banyak yang tahu bagaimana Sultan Zaky bisa dikenal sampai saat ini. Sejak awal, Sultan sudah mencuri perhatian pelatih PSM Makassar Bernando Tavares. Tahun lalu, Tavares mengorbitkan tiga pemain mudanya termasuk Sultan Zaky. Ketiga pemain tersebut mendapatkan kesempatan untuk bermain dengan tim utama PSM Makassar.

Baca Juga:  STY Dibikin Kagum dengan Sikap Pemain Timnas Indonesia: Mereka Tak Pernah Mengeluh

Meski sampai saat ini ia belum bisa bermain untuk tim utama PSM di kompetisi resmi, namun peluang serta kesempatan yang dibuka oleh Tavares beberapa waktu lalu itu menjadi bukti bahwa pelatih asal Portugal itu telah membuka jalan untuknya.

“Memang saya bawa pemain baru, tapi seperti yang kalian lihat banyak juga pemain akademi sebelumnya sudah kita bawa dan sekarang jadi pemain di tim senior,” kata Bernando Tavares November 2022 kemarin.

“Mudah-mudahan di masa depan nanti, akan lebih banyak wajah-wajah baru dari tim akademi masuk ke tim senior,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

10 Comments