Timnas Indonesia

STY Ingin Garuda Muda Jumpa Tim Mudah di Piala Dunia U-20 2023

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Dalam waktu dekat, U-20 akan bermain di 2023. Jelang even yang akan dilangsungkan pada 20 Mei sampai 11 Juni itu, Shin Tae-yong berharap anak asuhnya dipertemukan dengan tim-tim mudah.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-20 dipastikan berada di pot 1 bersama lima kontestan lainnya di babak drawing Piala Dunia U-20 2023 nanti. Lima kontestan tersebut adalah Timnas Amerika Serikat U-20, Uruguay U-20, Prancis U-20, Senegal U-20, dan Italia U-20.

Kelima tim tersebut dipastikan tak akan bergabung dengan Timnas Indonesia di grup yang sama. Sebab pada umumnya, setiap grup bakal diambil dari masing-masing pot. Dalam hal ini, Timnas Indonesia akan berada di grup A. Bersamaan dengannya, ada tiga tim lain yang diambil masing-masing satu dari pot 2, 3, dan 4.

Meskipun demikian, skuad asuhan Shin Tae-yong itu masih memiliki peluang untuk bertemu dengan beberapa tim kuat lainnya seperti Brasil, Inggris, hingga Jepang.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Shin Tae-yong sendiri berharap anak asuhnya bisa bertemu dengan tim-tim lemah (gampang) di fase grup nanti. Hal itu diungkapkan Shin ketika memimpin pemusatan latihan Garuda muda Senin kemarin. Namun Shin sadar kalau tergabung dengan tim-tim lemah itu tidak mungkin untuk bisa terjadi.

“Jujur saya maunya melawan yang lebih gampang. Kami mau seperti itu tapi itu tidak mungkin ya,” kata Shin Tae-yong.

Sebelum menukangi Timnas Indonesia di even Piala Dunia U-20, STY sudah pernah membawa negaranya yakni Timnas Korea Selatan U-20 di even serupa yakni Piala Dunia U-20 tahun 2017. Saat itu, Korea Selatan bertindak sebagai tuan rumah.

Tergabung di grup A, skuad muda Korea Selatan hanya menerima satu kali kekalahan yaitu dari Timnas Inggris U-20. Sedangkan di dua laga sisa, skuad Korea Selatan selalu meraih kemenangan masing-masing atas Timnas Argentina U-20 dan Timnas Guinea U-20.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Kemenangan dua kali dari fase grup tersebut membawa Korea Selatan lolos ke babak berikutnya (16 besar). Namun sayang sekali, di babak tersebut, skuad asuhan Shin Tae-yong kalah dari Timnas Portugal U-20 dengan skor akhir 1-3.

Pasca Piala Dunia U-20 2017, setahun kemudian Shin Tae-yong memimpin skuad Korea Selatan senior di Piala Dunia 2018 di Rusia. Saat itu, STY juga membuat kejutan setelah mengalahkan Timnas Jerman di fase grup. Heung-min Son dkk mengalahkan Timnas Jerman dengan skor meyakinkan 2-0.

Oleh sebab itu, dengan pengalamannya di Piala Dunia U-20 dan Piala Dunia 2018 tersebut, ia diharapkan mampu membawa kejutan bersama Timnas Indonesia nanti.

“Saya punya pengalaman di Piala Dunia U-20 2017 dan Piala Dunia 2018. Kami harus menjadi satu hati agar kami dapat lawan yang lebih mudah,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment