Timnas Indonesia

Gara-gara Regulasi, Bima Sakti Terpaksa Bakal Coret 9 Pemain dari TC Timnas U-17



NOBARTV NEWS – 30 pemain muda Indonesia sudah dipersiapkan Bima Sakti jelang mengikuti even 2023. Sayangnya, dari 30 nama tersebut, Bima terpaksa mencoret 9 pemain karena alasan regulasi.

Ya, di Piala Dunia U-17 2023, setiap kontestan yang turut serta hanya diperbolehkan untuk mendaftarkan pemainnya sebanyak 21 nama saja. Sementara itu, dalam pemusatan latihan U-17 yang sudah berjalan selama kurang lebih satu bulan di Eropa kemarin, Bima memboyong 30 nama.

27 nama yang ikut dalam pemusatan latihan tersebut merupakan pemain lokal. Sedangkan sisanya yakni 3 nama lainnya merupakan pemain keturunan yang bergabung di tengah-tengah pemusatan latihan tersebut dilakukan. Tiga pemain yang dimaksud adalah Welber Jardim, Amar Rayhan Brkic, dan Cho Yun Damanik.

Selama kurang lebih 30 hari, ke-30 pemain tersebut digembleng di Eropa. Dengan cuaca yang tak pernah dirasakan sebelumnya, mereka ditempa serta diberikan materi latihan oleh Bima Sakti beserta Frank Wormuth (Konsultan pelatih Timnas U-17). Tak hanya materi saja, Arkhan Kaka dkk juga mendapatkan kesempatan untuk melakoni tujuh laga uji coba selama berada di negara Eropa tersebut.

Baca Juga:  Begini Penjelasan PSSI soal Kepergian Nathan Tjoe-A-On dari Timnas U23

Dan kini, setelah serangakaian uji coba serta pemusatan latihan tersebut selesai digelar, skuad Garuda Asia akhirnya kembali ke tanah air lagi. Sebab di waktu dekat ini – tepatnya pada tanggal 10 Nopember mendatang, mereka akan memulai partai perdananya di ajang tersebut. Di Piala Dunia U-17 2023 ini, anak asuh Bima Sakti itu tergabung dalam grup A bersama Timnas Ekuador U-17, Timnas Maroko U-17, dan Timnas Panama U-17.

Gara-gara Regulasi, Bima Sakti Terpaksa Bakal Coret 9 Pemain dari TC Timnas U-17
Punggawa Timnas Indonesia U-17 ketika pemusatan latihan di Jerman

Namun sayangnya, dari 30 pemain yang sudah bergabung selama kurang lebih satu bulanan ini, Bima terpaksa akan mengeliminasi 9 di antaranya. Sang pelatih mau tak mau harus mencoret 9 pemain demi merampingkan skuadnya. Sebab sebagaimana diketahui, di Piala Dunia U-17, hanya 21 pemain yang boleh didaftarkan. Oleh sebab itu, mau tak mau, karena alasan regulasi tersebut, Bima wajib untuk mencoret 9 pemainnya.

Baca Juga:  Indonesia vs Yordania: Skuad Garuda di Ambang Sejarah

Padahal, berdasarkan pengakuan sang pelatih, dalam 30 nama yang sudah mengikuti pemusatan latihan selama ini, seluruhnya sangat baik. Oleh karenanya, pencoretan 9 pemain yang akan dilakukannya ini bukan atas dasar mereka buruk atau jelek. Akan tetapi, pencoretannya murni karena alasan regulasi.

“Belum, nanti ada sesuai regulasi. Ada beberapa pemain yang harus dipulangkan,” kata Bima Sakti.

“Bukan karena tidak bagus, tapi karena regulasi,” ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, kata Bima Sakti, ia berharap anak asuhnya untuk segera beradaptasi setibanya di Indonesia. Sebab sebelumnya, mereka mendapati cuaca yang berbeda ketika berada di Jerman. Terutama, ia juga mengharapkan anak asuhnya bisa menjaga kesehatan sebab semakin hari, jadwal pelaksanaan Piala Asia U-17 semakin dekat.

“Saya berharap pemain bisa cepat adaptasi lagi dengan cuaca di Indonesia,” ujar Bima.

“Pemain juga bisa menjaga kondisinya, kesehatannya, apalagi waktu sudah semakin mepet (untuk tampil di Piala Dunia U-17),” katanya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid