Liga Jerman

Mengenal Schalke 04 dan Werder Bremen, Dua Raksasa Jerman Yang Kembali Ke Bundesliga

TOPIK BERITA :


Schalke 04 Berhasil Menjuarai Kompetisi Bundesliga 2.
Schalke 04 Berhasil Menjuarai Kompetisi Bundesliga 2.

NOBARTV NEWS – Di musim 2020/2021 Nasib tragis harus dialami oleh Schalke 04 dan Werder Bremen. Akibat masalah finansial dan pandemi Covid 19 yang melanda klub, dua raksasa Jerman harus terpuruk dan mengakhiri musim di dasar klasemen Bundesliga.

Akhir cerita di musim 2020/2021, Schalke 04 dan SV Werder Bremen yang pernah di kenal sebagai raksasa Bundesliga itu harus turun kasta di musim berikutnya.

Cerita Pilu Werder Bremen Turun Ke Bundesliga 2

Sejak 2020, Werder Bremen sudah mengalami masa-masa tersulit dalam sejarah klub dampak dari pandemik COVID-19. Faktor itulah yang menyebabkan Die Grün-Weißen harus berjuang mati-matian hanya untuk bertahan di Bundesliga, hingga puncaknya mereka harus terdegradasi pada musim 2020/2021.

Dilansir Daily Mail, menjelang akhir musim 2020/2021, manajemen Werder memecat pelatih Florian Kohfeldt tepat sebelum laga pamungkas untuk mempertahankan tim di Bundesliga. Hingga akhir musim, Werder masih ditangani pelatih sementara Thomas Schaaf sambil menerima nasibnya bermain di kasta kedua.

Baru awal musim 2021/2022, Werder Bremen resmi dilatih oleh Markus Anfang. Tak berjalan lama, hingga bulan November 2021, Anfang mengundurkan diri dari kursi kepelatihan setelah mengaku menggunakan sertifikat vaksinasi COVID-19 palsu, dikutip Kicker.

Kemudian, kursi kepelatihan diserahkan kepada asisten pelatih Danijel Zenković selama delapan hari. Pada 28 November 2021, posisi manajerial Werder resmi diserahkan kepada pelatih Ole Werner sampai saat ini.

Werder Bremen mengakhiri Bundesliga musim 2020-2021 dengan kekalahan 2-4 dari Borussia Moenchengladbach pada laga pekan terakhir, Sabtu (22/5/2021).

Weserstadion yang merupakan kandang Werder Bremen menjadi saksi bisu bagaimana klub berjulukan Die Werderaner itu harus pasrah bermain di Bundesliga 2 musim mendatang.

Baca Juga:  Prediksi Heidenheim vs Mainz Senin 6 Mei 2024, Pekan ke-32 Liga Jerman

Werder Bremen menyelesaikan musim dengan menempati peringkat ke-17 klasemen akhir Bundesliga 2020-2021. Die Werderaner pun harus terdegradasi ke Bundesliga 2 setelah 40 tahun beredar di kompetisi teratas .

Werder Bremen Kembali Ke Bundesliga

Pekan terakhir Bundesliga 2 musim 2021/2022 menjadi laga hidup dan mati bagi Werder Bremen. Jika menang, mereka akan berada di posisi kedua tabel klasemen dan otomatis memastikan satu tempat promosi ke Bundesliga.

Bagai dejavu, di musim 2021/2022, Werder Bremen kembali melakoni laga hidup dan mati di pekan terakhir Liga 2 Jerman. Bedanya, kali ini Bremen dalam situasi yang lebih baik. Berada di peringkat 2.

Tak ingin menyia-nyiakan peluang yang lebih besar, Werder Bremen tampil sesuai harapan. Di hadapan 41 ribu pendukungnya yang memadati Weserstadion, Bremen sukses mengandaskan perlawanan Jahn Regensburg dengan skor 2-0 berkat gol Niclas Füllkrug dan Marvin Ducksch.

Kemenangan krusial itu membuat Werder Bremen finish di peringkat kedua Liga 2 Jerman. 63 poin yang mereka kumpulkan aman dari kejaran klub rival. Bremen pun dipastikan kembali ke Bundesliga musim depan setelah hanya menghabiskan satu musim di Liga 2.

Haru Biru Schalke 04 Kembali Ke Bundesliga

Siapa yang tak kenal FC Schalke 04, mereka merupakan salah satu klub besar di Jerman yang punya catatan cukup baik di gelaran Bundesliga, sayang masalah Finansial harus memaksa mereka untuk terdegradasi ke Bundesliga 2 pada musim lalu.

Meski sempat terpuruk, klub asal Kota Gelsenkhirchen ini akhirnya memastikan kembali tampil di habitat aslinya di Bundesliga pada 2022/2023. Akan tetapi, perjuangan tim berjuluk Die Königsblauen ini tidaklah mudah lantaran harus bersaing dengan sejumlah klub elit lainnya, seperti Werder Bremen dan Hamburger SV. Bahkan, hal itu yang membuat Bundesliga 2 terpantau cukup ketat pada musim ini.

Baca Juga:  Prediksi Frankfurt vs Leverkusen Minggu 5 Mei 2024, Pekan ke-32 Liga Jerman

Keberhasilan FC Schalke menjuarai Bundesliga 2 pada musim 2021/2022 jelas mendajadi kabar yang menggembirakan bagi pihak klub. Pasalnya, tim berseragam biru putih itu hanya membutuhkan satu musim untuk kembali ke kasta tertinggi.

Namun dalam menapaki jalan menuju gelar juara Bundesliga 2 pada musim 2021/2022, Schalke sempat tampil buruk dan terseok-seok di awal musim. Tercatat pada laga perdana Bundesliga 2, Schalke hanya menduduki posisi 14 klasemen sementara usai kalah dari Hamburger SV dengan skor 1-3.

Perlahan FC Schalke 04 mulai bangkit dan mampu duduk di papan tengah Bundesliga 2. Baru setelah pekan ke 28, Die Königsblauen mampu tampil baik dan terus mendongkrak peringkatnya di papan atas klasemen.

Raihan sukses Schalke musim ini ditentukan oleh penampilan apik dari para punggawanya. Tak heran apabila, beberapa pemain Schalke mampu masuk sebagai top skor Bundesliga 2 musim ini.

Simon Terodde yang menjadi striker andalan tim Die Königsblauen berhasil menorehkan 30 gol dari 30 pertandingan musim ini. Karena itu, pesepak bola berusia 34 tahun itu menjadi pencetak gol terbanyak di kasta kedua Liga Jerman.

Di samping Terrode, ada nama lain yang juga mencatatkan dalam top skor Bundesliga 2, yakni Marius Bülter. Pesepak bola yang berposisi sebagai striker itu sudah berhasil menorehkan 12 gol dan 13 assists bagi timnya.

Akhir kata, Selamat untuk Schalke 04 dan Werder Bremen yang kembali akan berlaga di gelaran Bundesliga musim mendatang.

Peter Nawa Nawa

Penggila sepakbola yang tidak bisa bermain bola, tapi cukup lihay dalam menulis berita bola