Timnas Indonesia

Nazar Indra Sjafri Jika Indonesia Juara SEA Games 2023: Pergi Umroh!



NOBARTV NEWS – Tinggal selangkah lagi, akan kembali merengkuh gelar SEA Games untuk ketiga kali. Sang pelatih Indra Sjafri mengungkapkan nazarnya jika hal itu benar-benar terjadi.

Seperti yang diketahui, skuad Timnas Indonesia U-22 saat ini sedang berada di Kamboja dalam rangka mengikuti ajang SEA Games 2023. Sampai detik ini, mereka sudah menancapkan langkahnya hingga partai final. Berarti, tinggal satu kemenangan lagi, skuad Garuda akan meraih prestasi tersebut untuk ketiga kalinya sepanjang sejarah diadakannya even multi olahraga itu.

Terakhir kali skuad Timnas Indonesia meraih emas adalah pada SEA Games edisi 1991. Kala itu, SEA Games diadakan di Manila Filipina. Sejatinya, Timnas Indonesia bisa meraih emas pada tahun 2019 ketika Filipina juga sedang menjadi tuan rumahnya. Sayangnya, di partai final melawan Timnas Vietnam kala itu, skuad Garuda tumbang dengan skor menyakitkan 3-0. Menariknya, pelatih Timnas Indonesia di SEA Games 2019 adalah Indra Sjafri. Dan kini, pelatih yang sama mampu membawa tim yang diasuhnya mencapai prestasi yang diraihnya dulu.

Pasalnya, pada SEA Games 2021, Timnas Indonesia justru gagal mencapai babak final. Langkah mereka terhenti di babak semifinal ketika berjumpa Timnas Thailand. Namun kabar baiknya, skuad Garuda yang saat itu ditangani Shin Tae-yong sukses mengalahkan Timnas Malaysia di perebutan tempat ketiga.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Namun kali ini berbeda. Dengan bermodalkan pelatih lokal seperti Indra Sjafri, skuad Garuda kembali bersaing untuk memperebutkan gelar juara tersebut.

Lolosnya Timnas Indonesia sendiri ke babak final kemarin tak lepas dari kerjasama tim. Hal itu didukung pula dengan skuad Garuda yang berada di grup mudah. Dalam drawing SEA Games 2023 kemarin, Timnas Indonesia berada di grup A bersama tuan rumah Timnas Kamboja U-22, Timnas Myanmar U-22, Timnas Timor-Leste U-22, dan terakhir Timnas Filipina U-22.

Sepanjang fase grup, anak asuh Indra Sjafri itu mencatatkan kemenangan sempurna. Marselino Ferdinan dkk selalu menang atas lawan-lawannya. Ketika jumpa Filipina U-22, skuad Garuda menang telak dengan skor akhir 3-0. Kegemilangan tersebut kembali berlanjut ketika mereka jumpa Timnas Myanmar U-22. Ke gawang Myanmar U-22, Timnas Indonesia menang dengan skor besar 5-0.

Begitupun ketika jumpa Timnas Timor Leste U-22. Berhadapan dengan negara tetangga di sebelah Provinsi Nusa Tenggara Timur itu, anak asuh Indra Sjafri mengamuk dan menang besar 3-0. Di partai terakhir grup A, skuad Garuda lagi-lagi membungkam tuan rumah Kamboja U-22 1-2.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Empat kemenangan sempurna tersebut membawa skuad Garuda finis sebagai juara grup. Mereka pun pada akhirnya dihadapkan dengan Timnas Vietnam U-22 di babak semifinal. Babak semifinal tersebut berlangsung pada Sabtu 13 Mei kemarin di Olympic Stadium Phnom Penh Kamboja.

Di babak semifinal, skuad Garuda kembali membuat kejutan. Dengan penuh drama, diwarnai kartu merah dan perpanjangan waktu yang dinilai tidak wajar, skuad Garuda akhirnya memenangkan pertandingan. Skor 3-2 menjadi akhir dari laga tersebut. Akibatnya, lolos ke babak final itu dirayakan dengan penuh suka cita. Tidak hanya pemain, pelatih dan stafnya pun demikian. Bahkan, Indra Sjafri sudah menyiapkan nazar andaikata di babak final nanti Timnas Indonesia berhasil menjuarai even SEA Games 2023 ini.

“Jadi nazar itu tidak boleh macam-macam. Kalau timnas juara tentu saya akan bersyukur, dan saya ada niat umroh nanti ke Mekah,” kata Indra Sjafri pasca laga kemarin.

“Pertama kali mengucapkan syukur alhamdulillah kita bisa memenangkan pertandingan. Saya pikir ini pertandingan yang ketat dari menit pertama sampai terakhir dan kami sempat main dengan 10 orang tapi alhamdulillah bisa memenangkan pertandingan,” ujarnya menutupi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid