Timnas Indonesia

Muncul Petisi Dukungan kepada STY Agar Tetap Latih Timnas Senior

TOPIK BERITA :


Muncul Petisi Dukungan kepada STY Agar Tetap Latih Timnas Senior
Shin Tae-Yong

NOBARTV NEWS – Pasca sukses membawa Indonesia berkancah di Piala Asia 2023, muncul petisi online menuntut agar PSSI membatalkan niat untuk mengganti Shin Tae-Yong sebagai pelatih timnas senior. Menurut petisi tersebut, Shin Tae-Yong merupakan aktor penting di balik hadirnya ke Piala Asia setelah 15 tahun absen.

Petisi tersebut dimuat secara daring di situs change.org. Petisi tersebut ditujukan khusus kepada PSSI. Beberapa waktu lalu, ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan membuat netizen geram karena dianggap mengganggu fokus Shin Tae-Yong ketika berlaga bersama Timnas Indonesia di .

Beruntung bagi Indonesia, meski keadaan saat itu cukup carut marut, Shin Tae-Yong berhasil membawa Marc Klok dkk keluar sebagai salah satu runner-up terbaik dan berhak tampil di Piala Asia tahun depan.

Hingga saat ini, petisi tersebut telah ditandatangani oleh ribuan orang dan kemungkinan besar akan bertambah seiring waktu berjalan.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

“Melalui petisi kami berharap Shin Tae Yong minimal dikontrak lebih lama lagi supaya bisa membawa Indonesia ke pentas yang lebih tinggi. Untuk PSSI fokuslah pada naturalisasi terutama cari striker yang menjadi target man, Infrastruktur latihan timnas dan paling penting pembinaan usia muda seperti yang pernah disampaikan oleh mantan pelatih kita Luis Milla,” bunyi petisi tersebut.

Lebih lanjut, petisi tersebut menyoroti dua agenda timnas yang akan diikuti tahun depan. Timnas Indonesia senior akan tanding di Piala Asia 2023 dan Timnas muda akan berlaga di .

Agenda dua Timnas Indonesia tersebut sama pentingnya. Namun Timnas senior lebih layak ditangani oleh pelatih yang berhasil membawa Indonesia ke pentas tertinggi di Benua Asia itu.

Jika pada akhirnya dua agenda Timnas Indonesia tersebut bertabrakan, maka sebaiknya Timnas muda ditangani oleh pelatih lainnya. Seperti Timnas Indonesia U-19 ketika bertanding di Piala Toulun beberapa waktu yang lalu.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Di sisi lainnya, PSSI memiliki alasan yang cukup kuat terkait rencana pencopotan Shin Tae-Yong. Menurut PSSI, Shin Tae-Yong terlalu kewalahan jika harus menangani tiga tim sekaligus. Kecuali jika ia menjamin Timnas Indonesia bisa mendapatkan prestasi di setiap kelompok umur tersebut.

Buktinya, di ajang Piala Toulon kemarin, tanpa Shin Tae-Yong, Timnas Indonesia U-19 hanya finis di urutan ke-10 dari 12 peserta.

“Kalau Shin Tae-yong tetap ingin memegang tiga timnas ya kami tidak bisa minta apa-apa, tetapi kami ingin minta jaminan prestasi. Akan kita kejar terus,” ujar Mochamad Iriawan beberapa waktu lalu.

“Dia harus siap menanggung beban risikonya sendiri. Kami akan menanyakan yang bersangkutan. Karena kalau kami tidak akomodir nanti kami salah, kan yang menilai itu publik,” tutupnya.

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid