Piala AFF

Fakta dan Data Piala AFF U-19 2022 : Indonesia Tak Terkalahkan, Brunei Tim Pesakitan



Fakta dan Data Piala AFF U-19 2022 : Indonesia Tak Terkalahkan, Brunei Tim Pesakitan
Muhammad Ferrari

NOBARTV NEWS U-19 2022 telah usai. Timnas muda Harimau Malaya (julukan Timnas Malaysia) keluar sebagai juara usai tundukkan Timnas Laos 2 – 0 di partai final. Berbagai rekor dan fakta menarik terhimpun sepanjang turnamen. Apa saja? Berikut ulasannya!

1. Indonesia Jadi Tim Paling Produktif

U-19 asuhan Shin Tae-Yong menjadi tim paling produktif sepanjang turnamen – meski hanya bermain hingga putaran grup saja. Dari lima penampilan di fase grup, skuad Garuda muda sukses mengemas 17 gol dan hanya kebobolan 2 gol saja.

Timnas Vietnam berhasil menjadi tim produktif kedua dengan menorehkan 13 gol dan disusul Timnas Myanmar dengan 12 gol.

2. Indonesia Tim Tak Terkalahkan

Dari lima pertandingan fase grup, Timnas Indonesia tidak pernah mengalami kekalahan. Skuad Garuda muda imbang dua kali tatkala melawan Timnas Thailand dan Vietnam – serta menang tiga kali ketika bertemu Myanmar, Filipina, dan Brunei Darussalam.

3. Brunei Darussalam Tim Pesakitan

Tergabung di grup A Piala AFF U-19, Brunei finis di posisi buncit klasemen akhir. Lebih tragisnya lagi, gawang mereka selalu menjadi lumbung gol tim lawan.

Brunei selalu kalah dalam lima pertandingan di fase grup. Bahkan, mereka tidak bisa mencetak satu gol pun dan telah dibobol sebanyak 25 kali oleh lawan-lawannya. Timnas Indonesia sendiri berhasil mencetak 7 dari total 25 gol yang masuk ke gawang Brunei Darussalam.

4. Jumlah Penonton Rata-rata 3 Ribuan per Pertandingan

Untuk event sepak bola sekelas Piala AFF yang diikuti oleh pemain muda, Piala AFF U-19 edisi tahun ini termasuk event yang ditonton oleh banyak orang.

Event yang digelar di Indonesia juga menjadi nilai tambah kenapa penonton bisa membludak. Sepak bola menjadi magnet yang tak terlepaskan dari rakyat Indonesia.

5. Top Skor Diraih oleh Pemain Vietnam 

Timnas Indonesia U-19 menyumbangkan dua pemainnya untuk masuk dalam jajaran top skor Piala AFF U-19. Hokky Caraka dan Rabbani Tasnim berhasil mengemas masing-masing 4 gol. Pemain Laos, Peter Phanthavong juga mencetak gol dengan jumlah yang sama yakni 4.

Sedangkan top skorer diraih oleh pemain Vietnam, Nguyễn Quốc Việt dengan raihan 5 gol.

6. 87 Gol Sepanjang Turnamen

Dari total 27 pertandingan dari fase grup hingga babak final, jumlah gol yang berhasil diciptakan amat fantastis. Total, ada 87 gol yang menghiasi turnamen ini atau 3,22 gol per pertandingan.

7. Wasit Kontroversi Asal Indonesia

Wasit asal Indonesia, Aprisman Aranda sempat melakukan blunder ketika memimpin pertandingan antara Timnas Kamboja melawan Laos. Pada menit ke-76, Kamboja mencetak gol ke gawang Laos – dibuktikan dengan bola yang sudah melewati garis gawang. Sayang, pelatih asal Indonesia itu menganggap bola tidak masuk.

AFF selaku penyelenggara telah meminta maaf usai insiden tersebut.

8. Pertandingan yang Kontroversi

Laga terakhir antara Timnas Thailand (fase grup) melawan Vietnam sempat menjadi trending topik karena pertandingan tersebut terindikasi match fixing. Pasalnya, keduanya tidak memeragakan permainan fair play demi mendapatkan jatah lolos ke babak semifinal Piala AFF U-19 2022.

Sayang, keduanya gagal di babak semifinal karena takluk dari lawan-lawannya. Timnas Thailand dibungkam Laos 2 – 0 sedangkan Vietnam dipermalukan Malaysia 3 – 0.

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid