Timnas Indonesia

Update! SEA Games 2023 di Kamboja Tanpa Kuota Pemain Senior!

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Kamboja kembali mengubah peraturan untuk peserta cabor sepak bola putra untuk SEA Games 2023. Sebelumnya, mereka mengubah peraturan tersebut agar tak sesuai dengan SEA Games 2021. Namun kali ini, peraturan tersebut kembali diperbaharui oleh mereka.

Sebagaimana diketahui, di SEA Games 2021 di Vietnam beberapa waktu lalu, panitia pelaksana memberikan kewenangan khusus kepada peserta yang mengikuti cabor sepak bola putra. Dari dua puluh peserta yang didaftarkan, usai maksimal untuk 17 pemain adalah 23 tahun. Sedangkan 3 pemain lainnya diperbolehkan berusia di atasnya. Dengan demikian, setiap peserta mendaftarkan total 20 pemain. Akan tetapi, untuk slot pemain senior atau di atas usia 23 tahun itu boleh digunakan boleh juga tak digunakan oleh setiap tim.

Namun beberapa waktu lalu, Kamboja selaku tuan rumah untuk SEA Games 2023 ini melakukan perubahan peraturan. Untuk cabor sepak bola putra, setiap tim hanya diperbolehkan mendaftarkan pemain dengan usia maksimal 22 tahun dan dua slot lainnya boleh diisi oleh pemain senior. Dengan demikian, 18 pemain usai 22 tahun dan 2 pemain senior boleh didaftarkan.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Akan tetapi, baru-baru ini, Kamboja kembali memperbaharui peraturannya itu. Peraturan tersebut adalah setiap tim hanya diperbolehkan mendaftarkan pemain dengan usai maksimal 22 tahun tanpa adanya slot untuk pemain senior.

Dengan demikian, setiap kontestan hanya diperbolehkan menggunakan pemain dengan usia maksimal 22 tahun atau kelahiran 1 Januari 2001 dan sesudahnya.

Kondisi ini membuat para pelatih harus memutar otak termasuk dengan pelatih U-22 Indra Sjafri. Sebab even SEA Games 2023 tersebut akan dilangsungkan pada 5 – 17 Mei 2023 – yang di mana, beberapa hari sesudahnya skuad Garuda muda akan mengikuti even 2023. Piala Dunia U-20 sendiri dijadwalkan akan dibuka pada 20 Mei dan berakhir pada 11 Juni 2023.

Kondisi tersebut membuat Indra tidak akan mungkin menggunakan pemain pilihan Shin Tae-yong di Piala Dunia U-20 tersebut.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Satu-satunya cara yang mungkin bisa digunakan oleh pria yang menjabat sebagai Direktur Teknik PSSI itu adalah memanggil para pemain senior yang memiliki usia muda. Sebab sebagaimana diketahui, di tim senior saat ini terdapat beberapa bibit muda yang sudah mendapatkan caps dengan skuad senior.

Menilik laman transfermarkt, terdapat beberapa pemain kelahiran 1 Januari 2001 ke atas yang masih bisa digunakan oleh Indra untuk mengarungi SEA Games tersebut. Mereka adalah bek tengah Persebaya Rizky Ridho, fullback kiri Tokyo Verdy Pratama Arhan, winger Persija Jakarta Witan Sulaeman, hingga striker muda PSM Makassar Ramadan Sananta.

Selain empat nama di atas, Indra juga bisa memanfaatkan pemain U-20 yang tak dibawa Shin Tae-yong ke Piala Dunia U-20 nanti. Sebab pada dasarnya, pemain yang mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20 kali ini tak semuanya akan dibawa ke Piala Dunia U-20 2023. Tinggal Indra memilih mana pemain yang berpotensi untuk diajak dan dipoles olehnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

3 Comments