Timnas Indonesia

Tak Gentar! Shin Tae-Yong Justru Senang Kim Pan-Gon Tukangi Timnas Malaysia



Tak Gentar! Shin Tae-Yong Justru Senang Kim Pan-Gon Tukangi Timnas Malaysia
Kim Pa-Gon dan Shin Tae-Yong

NOBARTV NEWS – FAM atau Asosiasi Sepakbola Malaysia resmi menunjuk Kim Pan-Gon sebagai juru taktik Timnas Malaysia yang baru. Atas pemilihannya, Shin Tae-Yong merasa senang dan termotivasi dengan keputusan FAM. Persaingan dua rival negara akan semakin seru karena dilatih oleh dua pelatih dengan karakter yang sama.

Rivalitas antara dengan Timnas Malaysia sudah menjadi rahasia umum kita. Persaingan dua negara tetangga ini bak Real Madrid dengan Barcelona di Spanyol sana. Bedanya, Real Madrid dan Barcelona memiliki rivalitas sebatas pertandingan sepak bola saja, sedangkan Indonesia dengan Malaysia bisa dibilang semua aspek yang ada.

Baru-baru ini, FAM atau Asosiasi Sepakbola Malaysia mengumumkan pelatih barunya. Mereka resmi menunjuk Kim Pan-Gon, pelatih asal Korea Selatan lainnya. Terpilihnya Kim Pan-Gon tidak membuat Shin Tae-Yong merasa gentar, bahkan membuat pelatih Timnas Indonesia itu merasa senang atas terpilihnya nama Kim Pan-Gon.

Demam Korea rupanya tidak dirasakan hanya di Indonesia saja, terbukti, FAM menunjuk Kim Pan-Gon untuk menukangi Timnas Malaysia. Hasil buruk yang diterimanya ketika tahun lalu menjadi alasan didatangkannya pelatih yang sempat memecat Shin Tae-Yong ketika menukangi Timnas Korea Selatan.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Kala itu, Kim Pan-Gon menduduki jabatan penting dalam struktur sepak bola Korea Selatan. Ia pernah menjabat sebagai Komite Pemilihan Pelatih Asosiasi Sepakbola Korea Selatan (KFA). Ia memiliki wewenang penuh serta tanggung jawab atas terpilihnya Shin Tae-Yong membina Heung Min Son dan kawan-kawan.

Shin Tae-Yong dan Kim Pan-Gon sudah saling mengenal sejak saat itu. Maka, ketika Kim Pan-Gon resmi menjabat sebagai kepala pelatih Timnas Malaysia, Shin Tae-Yong justru merasa senang dengan hal itu. Meski nanti keduanya akan berpeluang besar untuk perang taktik, Shin Tae-Yong tetap menaruh respek kepadanya. Bisa jadi di hari-hari yang akan datang kita akan menyaksikan keduanya saling serang, tidak dalam bentuk fisik melainkan ucapan dan taktik.

Terpilihnya Kim Pan-Gon bisa jadi disebabkan efek Shin Tae-Yong sejak melatih Timnas Indonesia. Di mana, pekerjaan utama Shin Tae-Yong mengubah mentalitas dan disiplin anak asuhnya sudah berjalan baik sejauh ini. Hal itu disorot oleh banyak orang sehingga pelatih dengan karakter serupa dipilih untuk menukangi Timnas negaranya agar memiliki semangat juang dan mentalitas yang sama.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Dilansir dari okezone, “Saya menyukainya (langkah FAM tunjuk Kim Pan-gon). Dia (Kim Pan-gon) bisa menularkan mental tekun dan ketabahan yang menjadi ciri khas orang Korea Selatan, ke pemain Asia Tenggara.” Ucap Shin Tae-Yong mengomentari terpilihnya Kim Pan-Gon.

Piala AFF 2022 berpeluang untuk mempertemukan keduanya nanti. Baik Kim Pan-Gon dan Shin Tae-Yong akan beradu strategi dan taktik guna membuktikan siapa juru latih yang lebih baik di antara keduanya. Selain pelatih Timnas Indonesia dan Malaysia, Timnas Vietnam sudah lebih dahulu menggunakan jasa pelatih asal Korea Selatan yakni Park Hang-Seo. Park Hang-Seo bahkan menjadi pelatih Timnas Vietnam sejak 2017. Namun pada awalnya dia lebih dipercaya untuk menukangi Timnas Vietnam U-23.

Jadi, bukan hanya pelatih Timnas Malaysia dan Indonesia saja, tetapi Timnas Vietnam pun sudah melakukannya sejak lama. Trio Korea Selatan siap menggebrak Piala AFF 2022. Shin, Park, atau Kim? Siapa yang benar-benar akan keluar sebagai juru taktik terbaik? Kita nantikan dan mereka akan  buktikan nanti. Namun yang pasti, ratusan juta jiwa rakyat Indonesia akan selalu memilih Shin sebagai juaranya. Bravo, Timnas Indonesia!

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid