Timnas Indonesia

Marc Klok Ingin Main di Luar Negeri, Liga Thailand atau Jepang Jadi Tujuan Utama!



NOBARTV NEWS – Di usia yang sudah menginjak 29 tahun, gelandang Marc Anthony Klok masih bermimpi untuk melanjutkan karir di luar negeri. Jika berjodoh, ia ingin melanjutkan karirnya di atau Jepang.

Sebagaimana diketahui, Klok merupakan pemain naturalisasi yang bermain cukup baik sejauh ini. Sejak diresmikan menjadi WNI, eks pemain PSM Makassar ini selalu menjadi pilihan utama Shin Tae-yong.

Klok pertama kali debut bersama Timnas Indonesia di SEA Games 2021 di Vietnam. Saat itu, Klok menjadi satu dari tiga pemain senior yang diperbolehkan masuk ke dalam pemain Timnas Indonesia. Sayang, di even tersebut skuad Garuda hanya finis di peringkat ketiga setelah menang adu penalti dengan Timnas Malaysia.

Kebersamaan Klok dengan Timnas Indonesia berlanjut ke FIFA Matchday melawan Timnas Bangladesh.

Tak selesai sampai di situ, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong kembali membawa pemain Persib Bandung itu ke di Kuwait. Baiknya, Klok berhasil membawa negara keduanya itu ke putaran final Piala Asia 2023. Klok bahkan mencetak satu gol ke gawang Kuwait di fase grup kualifikasi tersebut. Di akhir babak kualifikasi, Timnas Indonesia finis di peringkat kedua di bawah Timnas Yordania. Dari tiga laga yang dijalani, skuad Garuda hanya kalah satu kali dan menang sebanyak dua kali. Saat itu, Timnas Indonesia dinyatakan lolos ke Piala Asia 2023 karena menjadi salah satu runner-up terbaik.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Beberapa bulan kemudian, STY memanggil pemain kelahiran 20 April 1993 itu ke 2022. Sayang seribu sayang, Klok dkk terhenti di babak semifinal oleh Timnas Vietnam. Meski demikian, penampilan Klok menjadi salah satu yang mendapatkan pujian dari banyak orang. Klok menjadi jenderal lapangan tengah Timnas Indonesia yang sangat menonjol di even tersebut.

Tidak hanya di level tim nasional, Klok juga menjadi andalan untuk Persib Bandung. Penampilan memukaunya itu membuat Klok bercita-cita untuk mencari pengalaman ke luar negeri. Di Indonesia sendiri, Klok sudah pernah membela tiga klub berbeda yakni PSM Makassar, Persija Jakarta, dan kini bersama Persib Bandung.

“Saya saat ini bermain di Persib, salah satu klub terbesar di Indonesia. Saya masih punya mimpi bermain di luar Indonesia. Terutama sekarang ketika saya bermain baik untuk Timnas,” ujar Klok dalam podcast terbarunya bersama 433.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

“Saya punya rekor dan statistik bagus. Saya berpikir untuk pindah ke Jepang atau Thailand,” sambung pemain yang pernah merumput di Liga Skotlandia dan Inggris itu.

Keinginan Klok itu semata-mata untuk menantang diri sendiri dan tentunya untuk bermain di level yang lebih baik. Sejauh ini, Liga Thailand menjadi salah satu liga terbaik di Asia Tenggara sedangkan di Asia secara keseluruhan, menjadi yang paling kompetitif.

“Untuk menantang diri saya diri dan untuk bermain di level yang lebih baik. Juga mengekslpolarasi cara hidup yang baru di Asia,” terang Klok lagi.

“Di luar sepak bola, sebagai pengusaha saya ingin menjadi pemain sepak bola terbesar di Asia Tenggara secara marketing. Saya belum ada di level itu, tetapi saya ada di jalan yang benar untuk terus diingat tidak ada pemain seperti Marc Klok tidak hanya dalam bermain sepak bola tetapi juga sebagai marketing,” tutup pemilik gelar Piala Super Bulgaria bersama Cherno More Varna itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

5 Comments