BRI Liga 1

PSIS Datangkan Eks Anak Buah STY sebagai Pelatih Fisik Skuad Laskar Mahesa Jenar



NOBARTV NEWS – Demi memperkuat fisik serta stamina timnya, manejemen PSIS Semarang resmi mendatangkan pelatih fisik baru yakni Alex Aldha Yudi. Sebelumnya, Alex merupakan anak buah Shin Tae-yong yang juga berstatus sebagai mantan pelatih fisik .

Sebagaimana diketahui, paruh musim sudah resmi ditutup. Beberapa tim melakukan bongkar pasang pemain. Yang paling mengejutkan adalah tiga pemain berlabel Timnas Indonesia yang pergi dan datang ke Liga Indonesia.

Tercatat, dua pemain Timnas Indonesia yakni Witan Sulaeman dan Egy Maulana Vikri akhirnya merumput di dalam negeri. Witan resmi berseragam Persija Jakarta sedangkan Egy hijrah ke klub promosi Dewa United. Adapun Marselino Ferdinan, ia menjadi satu-satunya pemain berlabel tim nasional yang akhirnya meniti karir di Eropa. Marselino membela klub kasta kedua KMSK Deinze. Secara keseluruhan, terdapat 132 pemain yang terlibat dalam bursa transfer Liga 1 paruh musim ini.

Salah satu klub Liga 1 yang cukup aktif di bursa transfer musim dingin ini adalah PSIS Semarang. Tim berjuluk Laskar Mahesa Jenar itu mendatangkan 10 pemain baru di putaran kedua BRI Liga 1. Mereka adalah Jonathan Cantillana, Alie Sesay, Guntur Triaji, Rachmad Hidayat, Frendi Saputra, Rio Saputro, Andreas Ado, Wahyu Tri Nugroho, dan Titus Bonai.

Meski sudah mendatangkan pemain baru itu, PSIS Semarang juga mendatangkan satu posisi staf pelatih untuk tim asal Jawa Tengah itu. Mereka resmi mendatangkan Alex Aldha Yudi sebagai pelatih fisik yang baru untuk menggantikan posisi Afif Prasetyawan.

Alex Aldha Yudi sendiri bukan nama asing dalam sepak bola tanah air. Ia pernah membantu Shin Tae-yong sebagai pelatih fisik Timnas Indonesia. Pada tahun 2020 sampai 2021 lalu, Alex menjadi anak buah Shin Tae-yong yang bertugas sebagai pelatih fisik skuad Garuda Indonesia.

Sebelumnya lagi, Alex Aldha juga pernah menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia putri pada tahun 2018 lalu.

Dalam keterangannya, CEO PSIS Semarang Yoyok Sukawi menaruh harapan besar pada Coach Alex Aldha Yudi. CEO yang juga berstatus sebagai anggota Exco PSSI itu berharap sang pelatih mampu menggenjot fisik Brandon Scheunemann dkk agar lebih prima di putaran kedua BRI Liga 1 musim ini.

“Kami mendatangkan Coach Alex Aldha Yudi untuk mengisi posisi pelatih fisik PSIS Semarang,” kata Yoyok Sukawi.

Pengalaman Alex selama membersamai Shin Tae-yong di Timnas Indonesia diharapkan mampu ia terapkan di PSIS Semarang.

“Dengan pengalamannya di level Timnas, baik saat menjadi asisten Shin Tae-yong, ataupun menjadi asisten pelatih Timnas Putri, diharapkan mampu meningkatkan level fisik pemain PSIS saat ini,” ujarnya menambahkan.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

11 Comments