Timnas Indonesia

STY Merasa Bersalah Karena Cuma Bawa 23 Pemain ke Piala AFF 2022

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Shin Tae-yong resmi mendaftarkan 23 pemain untuk berlaga di 2022. Di balik keputusannya itu, STY mengaku bersalah karena hanya membawa 23 pemain saja.

Diketahui, beberapa waktu lalu, tepat pada tanggal 28 November 2022, skuad Garuda Indonesia melangsungkan pemusatan latihan di Bali. Latihan tersebut dilakukan di training ground milik Bali United.

Sedari awal, STY dan PSSI telah meminta 28 nama untuk hadir dalam pemusatan latihan tersebut. Delapan di antaranya pemain abroad, tiga pemain promosi dari Timnas U-20, beberapa pemain yang kembali dipanggil, dan sisanya merupakan pemain yang sudah diandalkan Shin di kompetisi sebelumnya.

Nama-nama abroad tersebut adalah Sandy Walsh (KV Mechelen), Jordi Amat (Johor Darul Takzim), Saddil Ramdani (Sabah FC), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Asnawi Mangkualam Bahar (Ansan Greeners), Egy Maulana Vikri (FC ViOn Zlate Moravce), Elkan Baggott (Gillingham FC), dan Witan Sulaeman (AA Trencin). Adapun tiga pemain yang dipromosikan dari skuad Garuda muda adalah Marselino Ferdinan, Dzaky Asraf, dan Muhammad Ferrari.

Nah, ketika diumumkannya nama-nama tersebut (untuk mengikuti TC), satu pemain dinyatakan tak bisa ikut karena mengalami cidera. Dia adalah Dimas Drajad. Dengan cepat, STY kemudian menggantikannya dengan striker Bali United Ilija Spasojevic.

Satu pemain lainnya yang juga tak ikut dalam sesi latihan tersebut adalah Elkan Baggott. Saat ini, Baggott tengah menjalani musim yang sibuk bersama klubnya Gillingham FC.

Jadi, 28 nama yang dipanggil, kecuali Elkan Baggott dan Dimas Drajad sudah dan pernah mengikuti pemusatan latihan tersebut.

Menjelang perhelatan Piala AFF 2022, ketika skuad Garuda Indonesia sudah tiba di Jakarta, STY akhirnya mengumumkan skuad final. Untuk diketahui, AFF hanya memperbolehkan setiap tim untuk mendaftarkan 23 pemainnya. Dan dalam hal ini, STY pun harus mencoret beberapa nama di antara pemain yang sudah mengikuti TC tersebut.

Dengan terpaksa, Shin membuang lima nama yakni Sandy Walsh, Elkan Baggott, Dzaky Asraf, Muhammad Ferrari, dan Andy Setyo.

Kelimanya terpaksa dicoret karena keadaan. Andai saja setiap tim memperbolehkan setiap tim mendaftarkan lebih dari 23 nama, sudah tentu ia akan mencantumkan nama lainnya.

Shin pun merasa bersalah atas hal ini. Ia tidak bisa berbuat banyak dengan peraturan yang dibuat oleh panitia dalam hal ini AFF.

“Tak ada pengaruh ke permainan soal pemain yang gak ikut TC malah saya merasa bersalah hanya boleh bawa 23 pemain. Mulai TC di Bali 28 November, baik saja dan sudah berjalan lancar jadi ke depan juga akan lancar,” kata Shin Tae-yong.

Adapun terkait laga perdana kontra Kamboja, Shin tak ingin menganggap remeh sang lawan. Terlebih, di laga sebelumnya, Kamboja sukses mengalahkan Timnas Filipina 3-2.

“Untuk laga pertama bisa jadi laga sulit bagi kita karena setelah tragedi Kanjuruhan tak ada pertandingan jadi performa pasti menurun apalagi tak ada uji coba tapi fisik pasti akan meningkat. Babak pertama akan sulit tapi kami sudah latihan dan tinggal tunjukan di lapangan,” tutupnya.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

39 Comments