Timnas Indonesia

Tepis Tudingan Netizen, Ayah Welber Jardim Tegaskan Sang Anak 100 Persen Indonesia



NOBARTV NEWS – Ayah Welber Jardim menepis tudingan beberapa netizen yang menyebut sang anak tidak berasal dari Indonesia.

Seperti yang diketahui, di dalam skuad U-17 saat ini terdapat beberapa pemain keturunan yang masuk di dalamnya. Sebut saja seperti Ji Da-bin, Welber Jardim, hingga Amar Rayhan Brkic.

Ji Da-bin memiliki darah Indonesia – Korea dan sudah besar dan tinggal di tanah air sejak ia masih kecil. Adapun Amar Rayhan Brkic dan Welber Jardim, keduanya baru ke Indonesia namun besar di luar negeri. Amar diketahui tumbuh di Jerman dari seorang ibu asal Indonesia dan ayah Bosnia. Tercatat, Amar kini membela klub muda asal Jerman TSG Hoffenheim U-17.

Sementara Welber, ia lahir di Indonesia namun besar di Brasil. Ia memiliki ibu berdarah asli Indonesia dan ayah asal negeri Samba. Sang ayah adalah eks pesepakbola yang pernah merumput di Liga Indonesia.

Namun sayangnya, dari sekian banyaknya referensi yang seharusnya bisa kita ambil di mana saja, masih selalu ada orang yang salah paham dengan status para pemain keturunan tersebut. Tidak cuma netizen saja, sekelas media pun masih salah kaprah dengan status para pemain Timnas Indonesia. Seperti Welber Jardim misalnya.

Beberapa media pernah menyebut kalau Welber Jardim adalah pemain naturalisasi. Sebelumnya lagi, ada yang menyebut Elkan Baggott pemain naturalisasi. Padahal, sudah jelas – kalau keduanya adalah pesepakbola yang mempunyai kewarganegaraan ganda. Jadi, kata naturalisasi tak tepat digunakan pada kedua pemain itu.

Tepis Tudingan Netizen, Ayah Welber Jardim Tegaskan Sang Anak 100 Persen Indonesia
Welber Jardim sebelum laga melawan Timnas Ekuador U-17 beberapa waktu lalu

“Wonderkid Sao Paulo, Welber Jardim (2007) telah menyelesaikan proses naturalisasi di Indonesia. Ia akan dipanggil ke tim Indonesia U17 untuk persiapan Piala Dunia FIFA U17 2023,” tulis @txtttgbola di akun X nya.

Atas banyaknya salah paham tersebut, ayah Welber Jardim ikut bersuara. Lewat sebuah wawancara, ayah Jardim yakni Elisangelo menegaskan kalau sang anak 100 persen Indonesia. Sampai-sampai, ia merincikan status sang anak berikut dengan rekam jejak kelahirannya.

“Saya sering lihat berita yang mengira Welber diaspora yang PSSI bikinkan paspor, jadi dia sebenarnya adalah warga Indonesia, dia lahir di sini di Banjarmasin pada 2007 dan dia punya paspor dari kecil warga Indonesia. Dia 100 persen Indonesia,” kata Elisangelo.

“Dari waktu nikah sama istri kami pilih dengan sah dokumentasi biar nanti gak repot. kita harus selalu hormat dengan pasangan kita sendiri, saya punya istri dia org indonesia saya harus respek negara dia, dia juga respek negara saya. Itu,” ucapnya memungkasi.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid