Timnas Indonesia

STY Siap Mundur dari Kursi Pelatih Timnas Indonesia

TOPIK BERITA :


STY Siap Mundur dari Kursi Pelatih Timnas Indonesia
Shin Tae-Yong

NOBARTV NEWS – Kontrak Shin Tae-Yong bersama akan berakhir pada tahun 2023 mendatang. Pelatih asal Korea Selatan itu siap mundur dari kursi kepelatihan jika ia gagal mengangkat derajat sepak bola tanah air.

Hal itu diungkapkan Shin Tae-Yong dalam wawancaranya bersama presenter tanah air, Aiman. Aiman menyinggung kontrak Shin Tae-Yong yang akan berakhir tahun depan. Kemudian ia menanyakan apakah ia (Coach Shin) akan menerima kontrak baru dari PSSI di kemudian hari.

Shin Tae-Yong menjawab dengan bijak. Saat ini, ia tidak bisa membahas hal tersebut (masalah kontrak). Untuk diketahui, STY menangani tiga timnas kelompok umur. Timnas U-19, U-23, dan senior.

“Hal seperti itu belum bisa saya bicarakan, kalau saya tidak mendapat prestasi yang lebih baik. PSSI pasti akan mengevaluasi dan tidak akan memperpanjang kontrak,” jawab Shin Tae-Yong.

Baca Juga:  Usai Piala Asia U23, STY Jauhkan Skuad Garuda dari Hiruk Pikuk Sepak Bola

Saat ini, Shin Tae-Yong tengah menangani Timnas Indonesia U-19 dalam ajang sepak bola muda se-Asia Tenggara yakni U-19. Shin Tae-Yong dituntut untuk meraih trofi pertamanya untuk Timnas Indonesia dalam ajang tersebut. Shin Tae-Yong sadar, jika suatu hari ia gagal mempersembahkan gelar bagi Indonesia, ia siap untuk undur diri sebagai pelatih Garuda Indonesia.

“Saya juga harus sadar, jika saya tidak mendapatkan prestasi yang baik di sini, saya akan mundur,” ujarnya menambahkan.

Shin Tae-Yong bertekad untuk membawa Timnas Indonesia semakin baik. Ia akan bekerja keras demi mengangkat derajat sepak bola Indonesia. Masalah kontrak, ia tidak ingin dibuat pusing dengan hal itu.

“Untuk itu saya akan bekerja keras di setiap pertandingan. Masalah kontrak akan dipikirkan kembali,” ucapnya.

Shin Tae-Yong menyinggung alasan kuat mengapa ia bersikeras untuk tetap melatih timnas muda hingga senior. Baginya, untuk menciptakan sebuah generasi tim yang hebat, maka dibutuhkan pondasi yang kokoh. Maka daripada itu, Shin Tae-Yong ingin membangun pondasi tersebut dari dasar. Dari timnas usia muda hingga senior. Ia ingin turun secara langsung dalam membangun pondasi tersebut. Agar pondasi tersebut segaris dengan bangunan yang akan dibangun, Shin Tae-Yong pun meminta untuk membangun sendiri pondasi tersebut.

Baca Juga:  Kecuali Justin Hubner, Seluruh Pemain Timnas U-23 Terbang ke Paris untuk Hadapi Guinea U23

Ia juga berhasrat untuk meninggalkan pondasi tersebut dengan baik – jika suatu hari nanti ia diganti oleh pelatih lain.

“Saya hadir di sini untuk membangun pondasi Timnas yang kuat. Jika suatu saat saya diganti, pondasi itu tidak akan mudah goyah dan justru akan mempermudah pelatih selanjutnya. Saya akan memperkuat sistem usia dini, sepak bola Indonesia pasti akan berkembang ke depannya,” tutup Shin Tae-Yong.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid