Timnas Indonesia

Pemain yang Dijuluki Messi Vietnam Ini Tolak Main Lawan Indonesia, Kenapa?



NOBARTV NEWS – Striker The Golden Star Warriors Nguyen Cong Phuong yang dijuluki sebagai Messi Vietnam menolak untuk bermain di 2026 melawan . Kenapa sang striker menyatakan hal seperti itu?

Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia dan Timnas Vietnam di waktu dekat ini (Maret 2024) akan kembali berjumpa. Sebelumnya, kedua tim sempat bertemu ketika fase grup Piala Asia 2023. Dalam ajang sepak bola tertinggi di Asia itu, Vietnam dan Indonesia tergabung dalam grup D bersama Timnas Irak dan Timnas Jepang.

Sayangnya, selama fase grup tersebut digelar, Vietnam menjadi tim pesakitan dengan selalu menelan kekalahan dari tiga pertandingan yang dimainkan. Alhasil, mereka terjebak di dasar klasemen dan terpaksa gagal melaju ke babak 16 besar. Adapun skuad Garuda, anak asuh Shin Tae-yong itu sukses menang satu kali – yang lucunya, kemenangan itu didapatkan mereka dari Timnas Vietnam. Sementara di dua laga lainnya kontra Irak dan Jepang, Ivar Jenner dkk selalu menderita kelalahan. Kendati demikian, dengan satu kemenangan alias tiga poin yang didapatkannya itu, skuad Garuda tetap melangkah ke babak 16 besar dengan status sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik.

Sementara itu, ketika skuad Garuda bertemu dengan Vietnam, kemenangan Timnas Indonesia kala itu dihasilkan lewat sepakan penalti sang kapten Asnawi Mangkualam Bahar. Kemenangan tersebut juga cukup spesial karena itu merupakan kemenangan pertama Timnas Indonesia atas Vietnam ketika dipimpin oleh Shin Tae-yong. Dan di laga bulan ini, Shin berpeluang untuk kembali membubuhkan kemenangan bagi skuad Garuda atas The Golden Star.

Pemain yang Dijuluki Messi Vietnam Ini Tolak Main Lawan Indonesia, Kenapa?
Nguyen Cong Phuong dan rekannya di Timnas Vietnam (sumber: IG @chongphuong_diamond)

Dijadwalkan, Timnas Indonesia dan Vietnam akan bertemu sebanyak dua kali di masing-masing kandang. Pertama, pertemuan tersebut digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta sedangkan pertemuan kedua di My Dinh Internasional Stadium.

Dan jelang pertemuan ini kembali digelar, ada satu masalah serius yang dihadapi oleh skuad Vietnam. Salah satu pemainnya yakni Nguyen Cong Phuong mengaku tidak ingin tampil di laga tersebut. Striker 29 tahun yang saat ini membela Yokohama FC ini mengaku tengah mengincar debutnya dengan klub asal Jepang itu. Kendati sang pelatih Philippe Troussier (pelatih Vietnam) mendatanginya secara langsung, namun Nguyen menyatakan dirinya belum bisa bermain untuk negaranya.

“Coach Troussier mencoba datang menonton dan memantau permainan saya. Kami membicarakan banyak hal, tapi kami tidak membicarakan timnas Vietnam,” ucap Nguyen Cong Phuong.

“Saya menerima [kedatangannya] Itu saja. Bahwa saya tidak akan bisa bergabung dengan tim nasional karena saya belum memainkan pertandingan resmi di klub,” ucapnya menambahkan.

“Bagi saya prioritas utama saya adalah memainkan peran saya yang lebih aktif untuk klub yang akan membuka kemungkinan untuk kembali ke tim. Oleh karena itu saya ingin fokus di tempat terpenting saat ini yaitu Yokohama,” pungkas sang striker.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *