Timnas Indonesia

Batal Dilirik STY untuk Dinaturalisasi, Zico Soree Dapat Kontrak Profesional dari Willem II Tilburg



NOBARTV NEWS – Zico Soree merupakan salah satu pemain keturunan Indonesia yang saat ini berkarier di . Baru-baru ini, Zico resmi mendapat kontrak profesional dari klub kasta kedua Liga Belanda Willem II Tilburg.

Seperti yang diketahui, pada tahun 2022 lalu, ketika U-20 tengah melakukan pemusatan latihan di Eropa, STY memanggil beberapa pemain keturunan untuk ikut bergabung. Tercatat, ada empat pemain keturunan yang turut membersamai Marselino Ferdinan dkk dalam TC yang digelar di Turki dan Spanyol tersebut.

Ketika melakukan pemusatan latihan di Turki, skuad Garuda muda kedatangan dua pemain keturunan yakni Ivar Jenner dan Justin Hubner. Keduanya langsung mendapatkan kesempatan untuk membuktikan kualitasnya saat itu. Bahkan, ketika skuad Garuda pindah TC dari Turki ke Spanyol, terdapat dua pemain tambahan lainnya yang ikut bergabung. Dua pemain lain yang dimaksud adalah Zico Soree dan Rafael Struick. Sehingga, pemusatan latihan di Spanyol waktu itu dihadiri langsung oleh empat pemain keturunan sekaligus. Salah satu pemain keturunan yakni Rafael Struick kala itu berhasil mencetak gol ketika Timnas Indonesia U-20 bertemu dengan skuad Slovakia U-20.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Usai TC tersebut dilakukan, para pemain pun kembali ke tanah air. Sementara itu, para pemain keturunan itu kembali ke klubnya masing-masing. Rafael Struick pulang ke ADO Den Haag, Justin Hubner ke Wolverhampton Wanderers U-21, Zico Soree ke PEC Zwolle dan Ivar Jenner ke FC Utrecht U-21.

Dari hasil penilaian Shin Tae-yong lewat TC dari empat pemain tersebut, tiga nama diminta olehnya untuk dinaturalisasi. Mereka adalah Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Ivar Jenner. Sayangnya, hingga berita ini diturunkan, hanya dua pemain yang benar-benar resmi dinaturalisasi. Justin Hubner dipastikan tidak dinaturalisasi sebab ‘sesuatu dan lain hal.' Sementara itu, Rafael Struick dan Ivar Jenner sudah resmi dinaturalisasi bahkan telah melakukan debutnya bersama Timnas Indonesia.

Dan menariknya, saat ini, pemain yang gagal dilirik Shin Tae-yong saat itu yakni Zico Soree resmi menandatangani kontrak dengan klub kasta kedua Liga Belanda Willem II Tilburg. Zico Soree sendiri pindah ke klub tersebut pada Januari tahun ini. Bersama tim juniornya yakni Willem II Tilburg U-21, Zico sukses mengemas 9 gol dari 14 pertandingan yang dilakoninya. Berkat penampilan yang cukup impresif itu, Zico mendapatkan kontrak profesional pertamanya.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

“Saya sangat berterima kasih kepada Willem II atas kepercayaannya,” ujar Zico Soree dikutip dari @footballtalentasia,

“Saya datang ke sini selama liburan musim dingin, dan klub telah menciptakan situasi yang sempurna bagi saya untuk menampilkan yang terbaik. Untungnya saya dapat membayarnya kembali dan membuat kontrak” sambung pemain kelahiran 29 Januari 2003 itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment