Timnas Indonesia

Segrup dengan Indonesia, Media Vietnam Akui Kekuatan Timnas Indonesia: Peringkat 147 Cuma Angka!



NOBARTV NEWS dipastikan berada di grup yang sama dengan Timnas Vietnam, Filipina, dan Irak pada 2026 zona Asia ronde kedua. Kepastian segrup tersebut membuat media Vietnam memberikan komentarnya.

Sebagaimana diketahui, 10 pertandingan leg kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia untuk ronde pertama sudah selesai digelar. 10 tim tersebut pun kini dipastikan masuk ke masing-masing grup untuk ronde kedua.

Dalam 10 pertandingan itu, sebanyak tiga wakil Asia Tenggara memastikan langkahnya ke putaran kedua. Tiga tim yang dimaksud adalah Timnas Indonesia, Timnas Singapura, dan Timnas Myanmar. Di ronde pertama, Indonesia mengatasi Brunei Darussalam dengan skor agregat 12-0. Adapun Singapura, mereka juga berhasil membungkam Timnas Guam dengan kedudukan agregat 1-3. Sementara Myanmar membantai Makau dengan skor akhir 1-5 untuk leg pertama dan keduanya.

Kini, ketiga tim ASEAN tersebut berikut dengan tujuh tim lainnya sudah dipastikan memiliki grup masing-masing di Kualifikasi Piala Dunia 2026 ronde kedua. Untuk Timnas Indonesia, anak asuh Shin Tae-yong itu tergabung dalam grup F. Menariknya, di grup F ini, Marc Klok dkk akan kembali bermain melawan dua tim asal Asia Tenggara dan satu tim asal timur tengah. Timnas Vietnam, Filipina, dan Irak akan berhadapan dengan skuad Garuda dalam laga kandang dan tandang di fase tersebut.

Sementara itu, sebuah media asal Vietnam menyambut kepastian negaranya tergabung dengan Timnas Indonesia. Sejarah mencatat kalau Vietnam dan Indonesia sudah sangat sering bertemu. Terakhir kali kedua tim ini berjumpa adalah di semifinal 2022 lalu. Kala itu, skuad Garuda tumbang dengan skor akhir 2-0.

Akan tetapi, perlu untuk diketahui adalah pada saat itu skuad Garuda hanya diperkuat oleh satu pemain naturalisasinya. Sedangkan di Kualifikasi Piala Dunia 2026 kali ini, Timnas Indonesia sudah memiliki lima pemain keturunan ditambah beberapa pemain abroad yang siap untuk melawan tim manapun – termasuk skuad Vietnam.

Atas dasar itu, media Vietnam tersebut tak sekalipun mempermasalahkan peringkat Timnas Indonesia saat ini. Walaupun jarak peringkat Indonesia dengan Vietnam sangat jauh, namun skuad Garuda saat ini boleh dikatakan cukup berbahaya dengan komposisi skuad abroad dan para pemain naturalisasinya. Media Vietnam tersebut yakni Soha menganggap Timnas Indonesia adalah sebuah ancaman bagi negaranya.

Segrup dengan Indonesia, Media Vietnam Akui Kekuatan Timnas Indonesia: Peringkat 147 Cuma Angka!
Sesi latihan Timnas Indonesia ketika mengikuti Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Bagi timnas Indonesia, posisi 147 ranking FIFA saat ini tidak sepenuhnya mencerminkan kekuatan tim asuhan Shin Tae-yong,” tulis Soha dalam pemberitaannya.

“Timnas Indonesia telah membuat kemajuan besar dalam beberapa waktu terakhir berkat banyaknya pemain muda yang berkualitas,” lanjutnya.

Lebih lanjut, tulis Soha lagi, grup F adalah grup yang sulit untuk ditebak. Pasalnya Timnas Irak yang dianggap memiliki kualitas terbaik justru sedang mengalami nasib yang tidak cukup baik di beberapa pertandingan terakhir. Sedangkan Timnas Indonesia, walaupun anak asuh Shin Tae-yong itu berada di peringkat (rangking) paling buncit di antara tim-tim lainnya, namun mereka justru sedang dalam performa yang sangat baik.

“Grup F merupakan grup yang paling sulit ditebak. Timnas Irak menjadi unggulan nomor satu namun belakangan performanya belum terlalu stabil.”

“Selain itu Irak juga kesulitan saat bertemu wakil Asia Tenggara seperti Vietnam atau Thailand di Kualifikasi Piala Dunia.”

“Tantangan berat akan dihadapi timnas Vietnam di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026,” tutup Soha.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment