Timnas Indonesia

Ancam Keluar dari AFF, Media Vietnam : Indonesia Bisa Untung!



Ancam Keluar dari AFF, Media Vietnam : Indonesia Bisa Untung!
U-19

NOBARTV NEWS – Media asal Vietnam, The Thao 247 menyebut Indonesia akan beruntung jika keluar dari AFF. Ancaman untuk keluar sempat digaungkan oleh netizen karena kecewa dengan permainan antara Thailand dan Vietnam di AFF U-19 – yang mengakibatkan skuad Garuda muda gagal lolos ke babak semifinal.

Bagaimana tidak, Thailand dan Vietnam sudah jelas-jelas meninggalkan tujuan pertandingan yakni meraih kemenangan. Dalam hal ini, kemenangan akan dicapai dengan cara tampil menyerang. Hanya saja, keduanya sama-sama bermain aman dalam laga terakhirnya di fase grup U-19. Hal itulah yang menjadi dasar tuduhan PSSI bahwa kedua tim tersebut bermain mata.

Tidak selesai sampai di situ, PSSI telah mengirim surat aduan kepada AFF – juga tembusan kepada AFC dan FIFA.

Namun, media asal Vietnam tersebut tak iklhas jika Indonesia keluar dari zona AFF. Sebagaimana diketahui, Indonesia menjadi basis suporter fanatik terbesar di Asia Tenggara bahkan di dunia. Di negara lain, ajang sekelas timnas kelompok umur hanya disaksikan oleh segelintir orang. Tapi tidak dengan Indonesia. Meski pertandingan bertajuk kelompok umur – dan hanya mempertemukan tim antar zona Asia Tenggara, namun penonton tetap membludak. Suporter memenuhi stadion setiap pertandingan.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Hal inilah yang membuat sepak bola Indonesia tidak akan pernah mati oleh suporternya. Jika Indonesia benar-benar keluar, sudah tentu basis penikmat sepakbola Asia Tenggara akan hilang secara drastis. Piala AFF tidak seru tanpa kehadiran Timnas Indonesia.

Beberapa pihak juga setuju jika Indonesia keluar dari AFF. Sebab, sampai detik ini, turnamen yang diselenggarakan antara negara di Asia Tenggara ini tidak masuk dalam kalender resmi FIFA. Jadi, andaikata Timnas Indonesia menang 7 – 0 melawan tim kuat Seperti Thailand dan Vietnam pun tak ada artinya. Peringkat mereka tidak akan berubah di rangking FIFA.

Dengan demikian, jika Indonesia benar-benar keluar dari AFF, maka skuad Garuda bisa fokus untuk mengejar target FIFA dan hanya mengikuti ajang yang termasuk di dalamnya saja.

“Jika memutuskan keluar dari AFF, Indonesia akan diuntungkan karena tidak harus berkompetisi di turnamen AFF mendatang,” tulis The Thao 247.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

“Seperti yang Anda ketahui, AFF selalu memiliki turnamen yang tidak ada dalam kalender resmi FIFA. Padahal, FIFA hanya menganggap turnamen yang diselenggarakan AFF sebagai pertandingan persahabatan,” tutup The Thao 247.

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid