Timnas Indonesia

Blak-blakan, Kurniawan Dwi Yulianto Sebut Pemain Indonesia Kurang Edukasi



NOBARTV NEWS – Legenda Timnas Indonesia Kurniawan Dwi Yulianto blak-blakan menyebut pesepakbola Indonesia kurang mendapatkan edukasi. Ia tak menyalahkan mereka sebab ketika aktif sebagai pemain, Kurniawan DY juga mengalami hal yang sama.

Sebagaimana diketahui, Kurniawan Dwi Yulianto merupakan legenda sepak bola Indonesia. Saat masih aktif sebagai pemain, Kurniawan pernah memperkuat tim muda Sampdoria U-19. Saat itu, ia baru meniti karir sepakbolanya. Tak lama berselang, Kurniawan kembali bermain untuk tim Eropa lainnya FC Luzern.

Setelah itu, Kurniawan malang melintang di klub-klub Indonesia dari Pelita Jaya (1995) dan memutuskan untuk pensiun pada tahun 2014 di Persipon Pontianak.

Dan saat ini, Kurniawan tak berhenti menggeluti dunia yang membuatnya dikenal banyak orang itu. Kurniawan tercatat sebagai asisten pelatih untuk tim Serie-B Como FC. Selain itu, saat ini Kurniawan juga menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia U-22 yang dipimpin oleh Indra Sjafri. Kurniawan menjadi salah satu pilihan Indra untuk menukangi Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023 mendatang.

Baca Juga:  Statistik dan Raport Skuad Garuda di Laga kontra Arab Saudi, Siapa Paling Menonjol?

Nah, baru-baru ini, Kurniawan mengungkapkan fakta mengejutkan. Kepada kanal youtube Como Football Indonesia, pria yang biasa disapa Kurus itu menyebut banyak pesepakbola Indonesia tidak memiliki edukasi untuk menjadi atlet profesional.

Hal yang dimaksud Kurus adalah mereka tak mendapatkan pembinaan terkait bagaimana seharusnya pesepakbola profesional itu dalam kapasitasnya sebagai seorang atlet. Apa hal yang harus dilakukannya, apa saja hal yang jangan sampai dikerjakannya. Sebab sering sekali kita lihat beberapa pesepakbola Indonesia keluar dari jalur yang seharusnya mereka lakukan. Dimulai dari pola makan yang tak teratur, porsi latihan yang tak tertata, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, Kurus tak menyalahkan mereka. Sebab mereka memang tidak memiliki edukasi terkait hal tersebut. Bahkan ia mengakui dirinya semasa aktif sebagai pesepakbola juga tak seprofesional yang ia sebutkan itu. Hal itu diungkapkan Kurus setelah mengamati dan melihat langsung bagaimana pembinaan yang diberikan oleh klub luar negeri seperti Como FC kepada para pemainnya.

Baca Juga:  Peringkat Terbaru Timnas Indonesia usai Tahan Imbang Arab Saudi

“Mohon maaf bukan maksud mengecilkan hati pemain Indonesia, tapi ini faktanya dan kita tidak bisa menyalahkan 100 persen pemain kita, saya pun merasakan hal yang sama. Saya kurang mendapatkan edukasi tentang bagaimana menjadi seorang pemain profesional sejati,” kata Kurus dilansir dari kanal youtube Como Football Indonesia.

Lebih lanjut, kata Kurniawan, hal ini merupakan PR besar bagi seluruh stekholder sepak bola Indonesia. Bagaimana cara mereka agar bisa membentuk pesepakbola yang benar-benar profesional dan benar-benar fokus terhadap passion mereka.

“Ini menjadi PR bagi seluruh stakeholder sepak bola Indonesia bahwa mendapatkan sesuatu hasil yang maksimal itu prosesnya harus benar. Diawali dari mindset para pemain itu sendiri. Para pemain di sini benar-benar fokus dengan passion mereka,” ujarnya memungkasi.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Blak-blakan, Kurniawan Dwi Yulianto Sebut Pemain Indonesia Kurang Edukasi yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

24 Comments