Timnas Indonesia

Soal Target Timnas U-22 di SEA Games 2023, Indra Sjafri: Harus Target, Masa Jadi Partisipan!

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – SEA Games 2023 akan digelar tak lama lagi. Dengan tegas, Indra Sjafri menargetkan emas di turnamen ini. Ia tidak ingin hanya bermain sebagai tim partisipan saja.

Sebagaimana diketahui, dalam 15 edisi terakhir SEA Games untuk cabang olahraga sepak bola, Timnas Indonesia tak pernah meraih emas. Prestasi terbaik alias juara terakhir kali didapatkannya pada tahun 1991. Saat itu, Timnas Indonesia sukses mempermalukan Timnas Thailand di partai final lewat adu penalti dengan skor akhir 4-3. Waktu itu, Filipina bertindak sebagai tuan rumah.

Sejak tahun 1991 itu, prestasi terbaik yang pernah diraih Indonesia dalam edisi demi edisi SEA Games adalah keluar sebagai runner-up. Sedangkan di tahun lalu ketika Vietnam menjadi tuan rumah, Indonesia hanya menempati posisi ketiga. Marc Klok dkk berhasil mengalahkan Timnas Malaysia di perebutan tempat ketiga.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Menariknya, pada tahun 2019 yang di mana saat itu Timnas Indonesia keluar sebagai runner-up, pelatih skuad Garuda kala itu adalah Indra Sjafri – alias pelatih yang kembali ditunjuk untuk SEA Games kali ini.

Oleh sebab itulah, Indra dalam keterangan terbarunya dengan tegas menyatakan bahwa untuk cabang olahraga sepak bola putera, emas adalah target utamanya. Sebab ia sendiri sudah pernah membesut Timnas Indonesia dan sukses mengakhiri turnamen di peringkat kedua. Target emas bukanlah hal yang mustahil baginya.

Maka daripada itu, sejak 1 Maret kemarin, Indra sudah memulai pemusatan latihan. Pria yang juga menjabat sebagai Direktur Teknik PSSI itu telah memanggil 34 pemain dalam TC gelombang pertama. Nantinya, pada minggu kedua, Indra akan kembali memanggil pemain lainnya.

Para pemain yang dipanggil olehnya mayoritas merupakan pemain dari Liga 2. Sebab sebagaimana yang sama-sama kita ketahui kompetisinya (Liga 2) sedang dihentikan. Hanya beberapa nama pemain yang berasal dari Liga 1. Itupun, mereka (Liga 1) turut dipanggil sebab tidak mendapatkan menit bermain yang banyak bersama klubnya.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Terkait target (di SEA Games 2023) tersebut, Indra sudah mengemukakan keterangannya.

“Iya dong, harus target. Target kan medali emas, kita bawa tim dan target harus dibawa. Masa [hanya] mau jadi partisipan,” kata Indra.

“[Target emas] Itu harus diusahakan, ini yang sedang kita lakukan. PSSI, pemerintah, itu support kita termasuk teman- teman media harus dukung,” ujarnya menambahkan.

“Ini sudah 32 tahun tidak dapat emas, itu harus dioptimiskan jangan pesimis,” ucapnya memungkasi.

Kabarnya, selain mengandalkan para pemain lokal, Indra juga akan memanggil dua pemain abroad yakni Elkan Baggott dan Pratama Arhan. Diketahui, kedua pemain Tokyo Verdy dan Cheltenham Town itu masih mencukupi umur untuk ikut dalam turnamen tersebut.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

4 Comments