Timnas Indonesia

KLB Jalan, Posisi Shin Tae-yong Tetap Aman



NOBARTV NEWS – PSSI beserta Exco sepakat untuk menggelar KLB dalam waktu dekat. Namun sebelumnya, PSSI akan mengirim surat kepada FIFA untuk melangsungkan kongres tersebut. Beberapa netizen mempertanyakan nasib STY jika kongres tersebut dilakukan. Namun ternyata, KLB tidak akan berdampak apapun kepada pelatih asal Korea Selatan itu.

Sebagaimana diketahui, PSSI didesak untuk segera melakukan KLB. KLB PSSI sebetulnya akan dilakukan pada akhir tahun depan. Namun desakan kian gencar untuk dilakukan karena rasa tidak percaya masyarakat kepada pengurus PSSI saat ini.

Desakan tersebut bermula dari Tragedi Kanjuruhan. Posisi PSSI dalam tragedi tersebut tentu sangat dekat. Sebagai induk sepak bola terbesar di Indonesia, PSSI dianggap gagal menanggulangi berbagai permasalahan sepak bola – yang salah satunya berakibat pada tragedi mematikan itu.

Bahkan setelah tragedi tersebut terjadi, PSSI tidak bergerak untuk mengambil langkah tegas dan cepat. Justru pembicaraan pertama dengan FIFA terkait tragedi tersebut dilakukan oleh Presiden RI, bukan Ketua Umum PSSI.

Baca Juga:  Begini Penjelasan PSSI soal Kepergian Nathan Tjoe-A-On dari Timnas U23

Selain didesak untuk melakukan KLB, Ketua beserta jajaran PSSI juga diminta untuk turun dari jabatannya sebagai bentuk tanggungjawab moral. Namun sampai detik ini, tidak satupun pengurus yang berani terang-terangan memundurkan diri. Justru, di saat desakan itu kian memudar, PSSI mengumumkan akan melakukan KLB (Kongres Luar Biasa) usai menerima surat dari anggotanya yakni Persis Solo dan Persebaya Surabaya.

Banyak orang beranggapan bahwa jika KLB membuat PSSI dinakhodai oleh pemimpin baru, maka seluruh program yang sudah diwacanakan oleh PSSI bersama Shin Tae-yong akan mandek. Bahkan adapula yang beranggapan bahwa kontrak Shin tidak akan dilanjutkan lagi. Pertanyaan-pertanyaan serupa diutarakan oleh banyak warganet di akun media sosial PSSI.

Salah satu anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani menulis sebuah unggahan di akun media sosialnya.

“Exco PSSI sepakat mempercepat KLB,” tulis Hasani.

Baca Juga:  Intip Calon Lawan di 8 Besar, STY Bakal Nonton Langsung Laga Jepang vs Korea Selatan

Unggahan tersebut kemudian dibalas oleh salah satu warganet. Ia mempertanyakan nasib Shin Tae-yong jika KLB dilaksanakan dan nantinya PSSI diketuai bukan oleh Mochamad Iriawan lagi.

“Pak nanti kalau ganti kepengurusan akan berdampak ke timnas gak. Soalnya Shin Tae-yong dan pemain naturalisasi akan lanjut tidak,” tanya salah satu warganet.

Tak lama kemudian, Hasani membalas pertanyaan tersebut – sekaligus memastikan bahwa semua yang sudah direncanakan untuk akan tetap berjalan seperti biasa. Hal ini menjadi jawaban atas banyaknya pertanyaan warganet dalam beberapa akhir ini.

“Insya Allah akan berjalan seperti adanya,” balas Hasani Abdulgani.

Dengan demikian, STY tetap menjadi nakhoda untuk Timnas Indonesia senior, U-23, serta U-20. Ia juga akan tetap melatih Garuda muda di Piala Asia U-20 dan 2023. Bahkan rencana untuk memperpanjang kontraknya juga besar kemungkinan akan dibahas di kemudian hari.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

5 Comments