Timnas Indonesia

STY Tak Peduli Beberapa Pemain Filipina Bermain di Liga Indonesia



NOBARTV NEWS – Shin Tae-yong tampaknya tidak peduli dengan beberapa pemain Filipina yang bermain di Liga 1. Malam ini, skuad Filipina akan menjadi lawan di ajang 2026.

Seperti yang diketahui, pada malam hari ini – bertempat di Rizal Memorial Stadium, Manila, skuad Garuda akan dihadapkan dengan Timnas Filipina dalam ajang bergengsi bertajuk Kualifikasi Piala Dunia 2026. Tepatnya, laga ini tersaji pada ronde kedua grup F matchday kedua.

Pada matchday pertama sebelumnya, skuad Filipina dan Indonesia sama-sama menelan hasil buruk. Timnas Indonesia dipermalukan Irak di Basra International Stadium. Tak tanggung-tanggung, di laga tersebut, skuad Garuda dikalahkan dengan skor telak 5-1. Satu-satunya gol yang diciptakan Indonesia berasal dari kaki Shayne Pattynama.

Adapun Timnas Filipina, mereka juga menelan kekalahan. Bedanya, Filipina kalah dari Timnas Vietnam yang saat itu berstatus sebagai tim tamu. Bermain di kandang sendiri, Daisuke Sato dkk dikalahkan dengan skor akhir 0-2.

Baca Juga:  Menanti Kontrak Baru STY lewat Duel Indonesia vs Yordania

Dan menariknya, jelang laga antara Timnas Filipina melawan Timnas Indonesia ini, ada suatu hal yang sangat sayang untuk dilewatkan. Ya, hal tersebut adalah beberapa pemain Filipina yang ternyata banyak di antara mereka bermain di Liga 1. Tercatat, ada lebih dari tiga punggawa Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026 ini berstatus sebagai pemain di klub-klub Liga 1.

STY Tak Peduli Beberapa Pemain Filipina Bermain di Liga Indonesia
Salah satu pemain Timnas Filipina di Liga 1 Daisuke Sato

Di satu sisi, hal ini akan menjadi sesuatu yang menarik karena beberapa pemain tersebut bakal berduel dengan rekan setimnya di klub. Namun di sisi lainnya, kehadiran mereka juga menjadi sesuatu hal yang patut diwaspadai. Kenapa? Dengan adanya pemain dari Liga 1, maka sedikit tidaknya, mereka jadi tahu apa saja kelemahan dari rekan setimnya (di klub) ketika nanti berjumpa di level tim nasional.

Dan untuk Timnas Filipina ini, beberapa punggawanya yang berlabel pemain Liga 1 adalah Daisuke Sato, Mike Ott, Carli de Murga, Christian Rontini, Simen Lyngbo, dan Kenshiro Daniels. Dalam hal ini, Daisuke Sato tentu tahu beberapa hal terkait kelemahan rekan setimnya di Persib Bandung yakni Marc Klok, Rachmat Irianto, hingga Edo Febriansyah.

Baca Juga:  Indonesia vs Yordania: Skuad Garuda di Ambang Sejarah

Namun ternyata, hal ini bukanlah sebuah masalah bagi sosok Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan itu masa bodoh dengan kehadiran beberapa pemain Liga 1 di skuad Filipina. Hal itu disampaikan STY dalam sesi konferensi pers kemarin.

“Saya perhatikan bahwa beberapa pemain di Timnas Filipina telah berganti. Seperti yang Anda katakan, beberapa dari mereka bermain di Liga Indonesia,” ujar Shin Tae-yong.

“Dibandingkan dengan situasi AFF awal tahun ini, saya rasa tingkat performa tim Filipina telah meningkat. Mungkin karena faktor tersebut, mereka mungkin menganalisis tim kami dengan lebih baik daripada sebelumnya,” ucapnya menambahkan.

“Kami tidak peduli tentang itu. Kami ingin bermain dengan keunggulan yang kami miliki dan gaya permainan kami sendiri,” pungkas sang pelatih.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid