Intermezzo

Gubernur Bali Minta Warga Berdoa agar FIFA Singkirkan Israel dari Piala Dunia U-20

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Gubernur Bali Wayan Koster merespons dicoretnya Indonesia sebagai tuan rumah 2023. Koster lantas meminta warganya untuk berdoa agar Israel dicoret dari keikutsertaannya di Piala Dunia U-20 tahun ini.

Sebagaimana diketahui, Piala Dunia U-20 2023 sejatinya akan digelar di Indonesia. Namun karena banyaknya penolakan dari berbagai elemen – termasuk dari dua kepala daerah yakni Wayan Koster dan Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah), FIFA pun akhirnya mengambil sikap.

Sikap pertama yang diambil oleh Federasi Sepak Bola Dunia itu adalah menunda drawing Piala Dunia U-20 yang sejatinya akan dilangsungkan pada hari ini. Sikap kedua yang dilakukan adalah menghapus lagu ofisial Piala Dunia U-20 dari laman resminya. Puncaknya adalah FIFA mengeluarkan press release usai melakukan pertemuan dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir di Doha Qatar. Pengumuman yang diunggah pada Rabu malam itu memutuskan bahwa FIFA menarik keikutsertaan Indonesia sebagai tuan rumah untuk even Piala Dunia U-20 tersebut.

Dengan demikian, skuad Garuda muda juga dipastikan gagal tampil karena kepesertaannya sebagai tuan rumah akan diganti. Kabarnya, Federasi Sepak Bola Argentina siap menjadi pengganti Indonesia. Bahkan pada hari ini Gianni Infantino dan Presiden AFA (Federasi Sepak Bola Argentina) sudah melakukan pertemuan untuk membahas kemungkinan tersebut.

Dan lucunya, Wayan Koster – gubernur yang sebelumnya menolak kedatangan Israel kini angkat suara. Koster mengaku menyayangkan keputusan FIFA yang membatalkan kepesertaan Indonesia. Padahal, ucapan Koster sebelumnya ketika menolak kedatangan Israel merupakan salah satu poin yang diduga menjadi dasar FIFA mencoret kepesertaan Indonesia. Koster menolak kedatangan Israel karena menganggap mereka sebagai bangsa penjajah.

Namun kini, Koster dengan ucapan barunya itu membuat publik sepak bola makin gregetan. Pasalnya, Koster mengajak warganya untuk berdoa agar FIFA tergerak untuk mencoret Israel dari daftar peserta Piala Dunia U-20 2023 – yang di mana ucapannya itu amat mustahil untuk diwujudkan.

“Saya mengajak masyarakat Bali mendoakan bersama agar FIFA tergerak hatinya untuk tetap berlaku adil dengan mencoret Timnas Israel dalam Kejuaraan Dunia FIFA U-20,” kata Koster Kamis kemarin.

“Sama dengan sikapnya ketika mencoret Timnas Rusia dalam Kejuaran Dunia FIFA Tahun 2022 di Qatar,” tambah politikus dari PDIP itu.

“Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel,” ujarnya memungkasi.

Selain Koster, politikus PDIP lainnya juga menyatakan hal serupa. Adalah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah itu blak-blakan menolak kehadiran Israel di tanah air.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment