Timnas Indonesia

Berkas Masih Kurang, 3 Pemain Naturalisasi Terancam Gagal Tampil di Kualifikasi Piala Asia

TOPIK BERITA :


Berkas Masih Kurang, 3 Pemain Naturalisasi Terancam Gagal Tampil di Kualifikasi Piala Asia
Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama

NOBARTV NEWS – Tiga pemain naturalisasi : Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama terancam gagal tampil di . Berkas ketiganya, menurut Kemenkumham masih kurang – sehingga diprediksi ketiga nama tersebut batal tampil bersama Ricky Kambuaya dkk.

Hal ini diungkapkan oleh Kemenkumham, bahwasanya PSSI masih membutuhkan surat keterangan perpindahan kewarganegaraan sebagai syarat terakhir yang harus diperiksa oleh Kemenkumham (Kementrian Hukum dan HAM).

Namun, untuk mengurus surat tersebut, PSSI membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Exco PSSI menerangkan jika pengurusan dokumen tersebut bisa memakan waktu 1 hingga 2 bulan lamanya. Itu jika prosesnya berjalan lancar. Jika tidak, tentu akan memakan waktu yang lebih lama lagi.

“Dari sekian dokumen persyaratan ada satu dokumen yaitu Surat Keterangan Perpindahan Warga Negara dari pemerintah Belanda dan Spanyol, diluar jangkauan kami,” jelas Hasani Abdulgani.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

“Artinya surat tersebut bisa didapat dalam sebulan atau lebih dari pemerintah dua negara tersebut,” lanjutnya lagi.

Hal ini membuat PSSI tidak cukup yakin dengan ke-tiga pemain tersebut untuk berseragam Merah-Putih pada Kualifikasi Piala Asia 2023 nanti. Maka daripada itu, PSSI pun meminta bantuan pemerintah agar proses naturalisasi ini bisa dipercepat.

“Seandainya Surat Keterangan tersebut bisa diajukan secara paralel, maksudnya tidak harus menunggu dulu dokumen tersebut didapat lalu baru diajukan berkasnya oleh Kemenhumkam kepada Presiden.” Lanjutnya lagi.

“Maka target di bulan April bisa tercapai,” tutup Hasani.

Kualifikasi Piala Asia 2023 akan diselenggarakan pada bulan Juni mendatang. tergabung di grup A bersama Timnas Kuwait, Yordania, dan Nepal. Adapun Kuwait terpilih sebagai tuan rumah untuk grup A.

Meski tidak terlalu diunggulkan, anak asuh Shin Tae-Yong siap memberikan perlawanan. Semoga proses naturalisasi yang terkendala, segera selesai dan semuanya bisa tampil membela Garuda Indonesia.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Perpaduan antara pemain yang berkarir di luar negeri dengan naturalisasi, ditambah dengan pemain muda yang siap memberikan gebrakan, Indonesia pasti mampu menjungkalkan lawan-lawannya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid