Timnas Indonesia

Begini Kata Ragnar Oratmangoen setelah Resmi Jadi WNI



NOBARTV.CO.ID Kata Ragnar Oratmangoen usai resmi jadi WNI, Pemain Fortuna Sittard Ragnar Oratmangoen akhirnya resmi jadi WNI. Begini kata sang pemain setelah resmi menyandang status tersebut.

Proses naturalisasi kepada dua pemain keturunan Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye akhirnya rampung. Tadi malam, keduanya sudah melakukan sumpah WNI di Kantor Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta.

Sebagaimana diketahui, Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye beberapa waktu lalu sejatinya sudah datang ke Indonesia. Keduanya datang bersamaan dengan Nathan Tjoe-A-On. Sayangnya, begitu tiba di tanah air, hanya Nathan yang melakukan sumpah WNI. Akibatnya, keduanya terpaksa kembali ke Belanda guna memperkuat klubnya masing-masing.

Dibatalkannya sumpah WNI pada Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye saat itu diduga karena berkas keduanya masih berada di meja DPR. Sementara itu, untuk menerima Keppres (Keputusan Presiden) yang menjadi dasar dilakukan sumpah WNI harus terlebih dahulu mendapat tanda tangan Ketua DPR RI Puan Maharani. Di saat kedua pemain tersebut datang, Puan saat itu sedang melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Prancis. Atas dasar itulah keduanya akhirnya memutuskan untuk pulang lagi.

Setelah kembali ke Belanda, keduanya sempat bertanding bersama klubnya masing-masing. Thom Haye tampil di akhir pekan lalu bersama SC Heerenveen begitu pun dengan Ragnar Oratmangoen. Tak lama setelah pertandingan tersebut berlangsung, sebuah kabar gembira terkait proses naturalisasi tersebut pun datang. Keduanya dijadwalkan untuk kembali ke Indonesia lagi untuk melakukan sumpah WNI.

Begini Kata Ragnar Oratmangoen setelah Resmi Jadi WNI
Ragnar Oratmangoen ketika bermain untuk Fortuna Sittard (sumber: IG @0ratmangoen)

Oleh karena itu, begitu tiba di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng tadi malam, keduanya langsung menuju Kantor Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta. Di sana, keduanya segera mungkin melakukan sumpah WNI sebagaimana yang dilakukan oleh Nathan Tjoe-A-On kemarin. Bahkan, tak cuma melakukan sumpah saja, Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye dari beberapa kabar yang tersebar langsung mengikuti pemusatan latihan bersama hari ini.

Ya, di waktu dekat ini, Timnas Indonesia dijadwalkan akan memainkan dua pertandingan melawan Vietnam dalam ajang 2026. Akan tetapi, Ragnar dan Haye belum bisa dimainkan pada pertandingan pertama karena data keduanya belum masuk ketika PSSI mendaftarkan nama pemain. Namun diperkirakan, duo pemain keturunan itu sudah bisa debut di laga kedua ketika pertandingan dimainkan di My Dinh Internasional Stadium.

“Tentu saya sangat senang. Ini memakan waktu yang lama, kami menunggu sedikit. Tapi saya sangat senang bahwa akhirnya terwujud,” kata Ragnar Oratmangoen.

“Tentu saja saya berharap kami bisa mencapai Piala Dunia. Dan saya bisa membantu tim dengan hal ini,” ucapnya menambahkan.

“Saya pikir kami bisa melakukan banyak hal dengan tim ini. Kami adalah kumpulan anak muda, jadi saya berharap (bisa mewujudkan),” pungkasnya.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *